Sukses

Berenang di kala hamil

20 Oct 2014, 08:11 WIB
Wanita, 28 tahun.
Usia kandungan saya 7 minggu, apakah aman jika saya berendam di pemandian yang mengandung belerang? bagaimana juga jika saya berenang di kolam renang umum? terima kasih atas jawaban dokter.( perempuan, 28 thn,157 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berenang merupakan salah satu olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Apabila Anda tidak terbiasa berenang sebelumnya, maka mulailah latihan berenang secara perlahan, lakukan pemanasan terlebih dahulu, jaga cairan tubuh, hati-hati agar tidak terpeleset di pinggir kolam renang, dan jangan terlalu lelah.

Namun pada wanita hamil tidak dianjurkan berenang di air panas (hot tub), jacuzzi, atau dengan mencampurkan sesuatu di dalam air panas tersebut, serta sauna karena dapat mengganggu pertumbuhan janin. Apabila terjadi keluhan seperti keram perut, perdarahan, terasa pusing, atau berdebar-debar, segera periksa ke dokter atau bidan Anda.

Dengan demikian, Anda sebaiknya tidak berenang di pemandian belerang karena mengandung mineral sulfur yang belum terbukti keamanannya untuk janin serta pada umumnya air belerang termasuk di dalam air panas. Namun Anda dapat berenang di kolam renang umum asalkan memang kolam tersebut terjamin kebersihannya.

Pada trimester pertama, Anda dapat berenang 30 menit sehari di pagi hari untuk meredakan keluhan mual yang datang.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar