Sukses

Keguguran triwulan ke-2

30 Oct 2009, 16:00 WIB
Wanita, 27 tahun.
Sore dokter... Saya pernah di kuret tgl 24 agustus 2009 saat usia janin 5 bulan. Kata dokter penyebabnya kemungkinan karena bayi saya kembar dg 1 ari-ari n 1 ketuban sehingga asupan makanan tidak mencukupi. sedangkan dokter yg lain lagi mengatakan kemungkinan penyebabnya kekurangan asam folac & terkena virus. dokter saya menyarankan saya untuk mengikuti serangkaian uji lab. apakah itu perlu dokter mengingat saya baru sekali mengalami keguguran?mohon jawabannya.tx.( perempuan, 27 thn,155 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keguguran pada triwulan ke-2 jarang terjadi, karena itu kejadian ini merupakan hal yang penting dalam riwayat kehamilan seorang perempuan. Hal-hal yang mungkin mempengaruhi, antara lain: kelainan kromosom janin, kelainan bentuk/anatomi saluran reproduksi ibu, faktor imunologis, infeksi, dan kelainan darah.

Untuk mencegah terulangnya hal kejadian ini pada kehamilan berikutnya, perlu dilakukan tindakan pencegahan seperti pemeriksaan laboratorium (infeksi TORCH, darah) serta suplementasi asam folat. Kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pembuluh saraf/otak dan sumsum tulang belakang, sedangkan pada pada ibu risiko hipertensi dalam kehamilan pun meningkat. Selain itu, perlu juga diperhatikan gaya hidup ibu yang mempersiapkan kehamilan, seperti makan makanan yang bergizi serta menghindari paparan asap rokok.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar