Sukses

Deteksi kehamilan

02 Nov 2009, 10:35 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dokter, bagaimana cara membaca foto usg? pada kontrol kehamilan minggu ke-7 lalu, janin dikatakan besar dan berukuran seperti 11 minggu dan kata dokternya ada gelembung yang seharusnya belum muncul (ada angka 46 mm di foto usg-nya). Lalu saya diminta untuk tes toksoplasma. Hasil tes negatif. Bagaimana menurut dokter?( perempuan, 28 thn,160 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.


Untuk mendeteksi adanya kehamilan secara klinik biasanya dilakukan dengan proses USG.

Pada kehamilan 4-5 minggu sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan  ("gestasional sac"), sedangkan bakal janin ("fetal pole") terkadang hanya  tampak kantung kecil ("yolc sac") di dalam kantung kehamilan.

Pada saat ini, penentuan usia hamil ditentukan dengan mengukur diameter kantung kehamilan. Pada usia hamil 6-7 minggu biasanya baru akan tampak bakal janin  dan akan lebih jelas pada usia hamil 7-8 minggu serta denyut jantung janin pun  sdh terlihat.

Saat ini penentuan usia hamil dilakukan dengan mengukur panjang janin dari ujung kepala ke ujung bokong ("Crown-rump  length").

Tentu pengukuran usia hamil ini harus dicocokkan dengan siklus haid dan hari pertama haid terakhir.

Penentuan usia hamil pada saat ini mempunyai tingkat deviasi hanya hitungan hari (perbedaan usia hamil sebenarnya dengan usia hamil berdasarkan USG). Jadi tingkat akurasinya cukup tinggi.

Sehingga kalau ada perbedaan usia hamil yang sangat jauh harus  dievaluasi lebih seksama masalahnya, apakah ada kesalahan mengingat hari  pertama haid terakhir atau siklus haid atau ada kelainan pada kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar