Sukses

Nyeri kepala terus-menerus

26 Oct 2009, 17:41 WIB
Wanita, 24 tahun.
dokter yth. saat ini saya tengah mengandung 9 minggu, beberapa hari belakangan saya sering merasa sakit kepala secara terus menerus. apakah kondisi tersebut normal? bagaimana cara mengatasinya? terimakasih.(perempuan, 24 thn,162 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya nyeri kepala tersebut telah membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun Anda tidak perlu khawatir. Nyeri kepala masih normal dirasakan oleh ibu hamil terutama saat usia kehamilan trimester pertama, di mana sedang terjadi proses adaptasi terhadap perubahan emosional, hormonal, dan fisik yang terjadi.

Terdapat beberapa tipe nyeri kepala dengan penyebab yang bervariasi. Tipe nyeri kepala yang paling sering ditemukan adalah tipe tension, di mana nyeri kepala umumnya terjadi di daerah temporal dan dapat menjalar ke daerah dahi atau belakang kepala.


Gambar 1. Daerah nyeri kepala tipe tension

Keadaan ini juga seringkali disebut sebagai nyeri kepala kontraksi otot. "Apakah deskripsi ini sama dengan keluhan nyeri kepala yang ibu rasakan?"

Idealnya perlu dilakukan penilaian langsung terhadap keluhan yang Anda rasakan sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap berbagai keadaan yang mungkin menyebabkan. Setelah faktor-faktor yang dapat mencetuskan atau memperberat keluhan tersebut diketahui, maka nyeri kepala dapat dicegah dengan cara menghindari faktor-faktor tersebut. Cobalah untuk lebih rileks. Saat nyeri kepala timbul, cobalah untuk beristirahat sejenak. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan menerapkan pola makan sehat. Anda juga dapat mengonsumsi obat analgetik asetaminofen yang aman bagi ibu hamil. Apabila nyeri kepala menetap, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai nyeri kepala dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Sakit Kepala (Headache)

Sakit Kepala Migrain

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.(SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar