Sukses

Dampak tidur telungkup pada anak?

27 Oct 2009, 12:56 WIB
Wanita, 28 tahun.
siang dok... mau ada yang ditanyain niih,anak saya laki2 umur 2,9bln.dia senang sekali kalo tidur posisinya tengkurap.biarpun sudah saya terlentangkan,dia pasti akan kembali keposisi tengkurap lagi. gimana ya dok, pengaruh apa... dan akibat apa yang bisa muncul...? trima kasih...(perempuan, 28 thn,160 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Tentunya Anda takut kebiasaan tidur anak Anda ini kelak dapat mendatangkan dampak yang buruk bagi kesehatannya. 

Tidur telungkup memang tidak direkomendasikan oleh dokter terkait hasil riset sekitar tahun 1990-an, di mana banyak bayi yang ditemukan meninggal saat tidur. Kondisi ini lebih dikenal dengan istilah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Dan seperti namanya, SIDS terutama menyerang  bayi berusia 2-4 bulan, ketika otot-otot lehernya belum kuat untuk menopang dan memegang kendali atas kepalanya. Namun Anda tidak perlu khawatir, selama anak Anda masih berada dalam pengawasan orang dewasa, maka tidak masalah baginya untuk tidur dalam posisi telungkup. Terlebih saat ini anak Anda telah berusia 2 tahun 9 bulan, di mana anak telah memiliki fungsi pengendalian kepala yang baik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar