Sukses

Menderita kista masih bisa hamil?

27 Oct 2009, 13:50 WIB
Wanita, 30 tahun.
pasien menderita kista ovarium , ukuran kistanya di ovarium sebelah kanan 7cm dan di ovarium sebelah kiri 5cm, siklus menstruasi teratur dengan siklus 28 hari, apakah pasien tersebut masih dapat hamil , pemeriksaan penunjang apa yang harus dijalani untuk mengetahui denganpasti bhwa pasien tersbt msh bisa hamil , selain usg. pasien sdh menikah 6 bulan dan sampe skrng belm pernah hamil,setiap kali ke dokter spog selalu di sarankan untuk di operasi, adakah cara lain untuk mengobati kista ovarium agar pasien tsbt dapat hamil, mohon penjelasannya dok, atas bantuannya sy ucapkan banyak terima kasih.( perempuan, 30 thn,160 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bisa hamil atau tidak bukan ditentukan adanya kista ovarium tapi dari pemeriksaan
infertilitasnya. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan fungsi ovariumnya (dari hormonal di darah), saluran telur (dari HSG) dan analisa sperma suami.

Tetapi mengingat ukuran kista termasuk besar, maka untuk alasan kesehatan dan mencegah komplikasi adanya kista saat hamil sebaiknya dilakukan operasi untuk membuang kistanya dulu (kistektomi), tergantung jenis kistanya. Sekaligus diperiksa saluran telur saat operasi. Setelah itu baru diprogram hamil tergantung kelainan yg dijumpai.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar