Sukses

Jenis batu ginjal

17 Oct 2014, 04:43 WIB
Pria, 38 tahun.
bisakah dari hasil foto sinar X, ginjal, langsung bisa di ketahui kandungan batu ginjalnya (untuk diet selanjutnya jadi tanpa ada operasi pengambilan batu) atau bisa kan dari bentuk batu ginjal yg ada bisa di ketahui kandiungan batu ginjal tersebut.??( laki-laki, 38 thn,168 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Secara radiologi, batu dapat dibedakan menjadi radioopak (terlihat dengan pemeriksaan sinar X)  dan radiolusen (tidak terlhat dengan pemeriksaan sinar X). Berdasarkan klasifikasi ini, beberapa jenis batu ginjal sebenarnya sudah dapat dibedakan (jenis batu yang radiolusen umumnya berasal dari asam urat murni). Pada batu jenis radioopak, pemeriksaan dengan foto pols saja sudah cukup untuk menegakkan adanya batu ginjal dalam saluran kemih. Namun pada keadaan tertentu terkadang batu terletak di depan bayangan tulang sehingga luput dari penglihatan. Oleh karena alasan tersebut umumnya perlu dilakukan pemeriksaan tambahan foto pielografi intravena (IVP) atau USG bagi yang tidak mungkin menjalani pemeriksaan IVP (ibu hamil, alergi kontras, fungsi ginjal menurun).

Selain dengan pemeriksaan radiologi, jenis batu ginjal juga dapat diketahui melalui pemeriksaan air kemih. Adapun beberapa tips diet yang dapat diterapkan oleh penderita batu ginjal adalah:

Batu kalsium-oksalat (jenis batu ginjal tersering)

  • Menjaga asupan kalsium tetap normal/sedikit rendah
  • mengurangi asupan garam dan protein hewani
  • kurangi konsumsi bahan makanan dan minuman sumber oksalat (kafein, teh, minuman soda/soft drink)

Batu urat

  • Kurangi konsumsi bahan makanan dan minuman sumber asam urat (melinjo, emping, kacang-kacangan, bayam, coklat)
  • Kurangnya asupan cairan dan kurang aktivitas juga merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu (tanpa melihat jenisnya), sehingga sangat disarankan untuk meningkatkan asupan cairan hingga 2-3 liter/hari
  • Lakukan aktivitas dini

    .

Informasi lebih lanjut mengenai batu ginjal dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Batu Ginjal

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar