Sukses

Krim Kecantikan Saat Hamil?

19 Oct 2014, 13:55 WIB
Wanita, 29 tahun.
assalamualaikum saya baru telat 3 hari waktu dites hasilnya positif yg jd pertanyaan saya skrg bolehkah saya pakai kosmetik seperti krim mlm krim pagi +sunblok menginggat produk yg aku pakai dari klinik kecantikan bukan yg terjual bebas dipasaran dan dikosmetik itu tertera badan pom tp amankah untuk ibu hamil ma'kasih( perempuan, 29 thn,153 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apa pun yang digunakan atau dimakan oleh ibu hamil dapat mempengaruhi janin yang dikandung. Beberapa bahan atau zat topikal diserap ke dalam aliran darah, sehingga beberapa diantaranya sebaiknya dihindari pemakaiannya. Karena itu, Ibu perlu memperhatikan kandungan dari krim yang Ibu gunakan. Jika tidak tertera, sebaiknya Ibu memastikan dengan dokter yang memberikan krim tersebut.

Dua bahan yang terutama perlu diperhatikan adalah retinoid dan asam salisilat. Retinoid merupakan jenis vitamin A yang mempercepat pembelahan sel (mempercepat peremajaan kulit) dan mencegah kerusakan kolagen kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin A dalam dosis tinggi selama kehamilan dapat membahayakan janin. Retinoid dalam bentuk minum (oral) diketahui dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin. Namun, penggunannya dalam bentuk topikal (oles) terbukti aman, karena digunakan dalam jumlah sedikit.

Asam salisilat digunakan untuk merawat beberapa keadaan pada kulit, termasuk jerawat, dan dapat ditemukan pada banyak produk kulit, seperti pembersih dan toner. Ia dapat menembus masuk ke dalam pori-pori dan membersihkan sel kulit yang mati. Karena merupakan bagian dari aspirin, asam salisilat juga dapat menolong mengurangi peradangan. Namun, asam salisilat dalam bentuk minum diketahui menyebabkan defek pada janin serta komplikasi kehamilan lainnya. Keamanan bentuk oles tergantung dari kadar asam salisilat tersebut.

Kami menyarankan Ibu menghentikan penggunaan krim-krim tersebut sampai Ibu dapat memastikan kandungan serta kadarnya. Ibu juga perlu memastikan kembali keamanannya dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan saat Ibu berkonsultasi pertama kali saat memastikan kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA

Terima kasih.

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar