Sukses

Kista epididimis

16 Oct 2014, 23:55 WIB
Pria, 30 tahun.
1. Apakah kista epididimis dapat menyebabkan oligosperm? 2. Saya sedang dalam program punya anak dengan istri saya. Bila didiagnosa ada kista epididimis bilateral di skrotum saya, apa pengobatan terbaik buat saya? 3.Apakah operasi untuk membuang kista itu punya efek samping terhadap fungsi alat vital saya ( mengganggu fungsi ereksi dan reproduksi )?( laki-laki, 30 thn,172 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

1. Apakah kista epididimis dapat menyebabkan oligosperm?

Kista epididimis merupakan kantung berisi cairan yang berada di sepanjang epididimis. Pada umumnya kista ini tidak berbahaya, tidak menyebabkan gangguan kesuburan, dan tidak menyebabkan penyakit

2. Saya sedang dalam program punya anak dengan istri saya. Bila didiagnosa ada kista epididimis bilateral di skrotum saya, apa pengobatan terbaik buat saya?

Kista epididimis wajar dialami terutama pada pria terutama yang berusia lebih dari 40 tahun. Karena kista ini tidak berbahaya, maka umumnya tidak diperlukan terapi. Terkadang kista epididimis dapat hilang sendiri. Namun apabila terjadi keluhan (nyeri, tidak nyaman, menjadi lebih besar), maka dapat dilakukan operasi untuk menghilangkan kista.

3.Apakah operasi untuk membuang kista itu punya efek samping terhadap fungsi alat vital saya (mengganggu fungsi ereksi dan reproduksi )?

Operasi untuk mengangkat kista epididimis merupakan operasi yang pada umumnya aman dan jarang menyebabkan komplikasi. Namun tetap saja semua tindakan memiliki efek samping dan faktor risiko. Komplikasi yang dapat terjadi, diantaranya adalah :

  • Perdarahan di skrotum (kantung zakar)
  • Sulit berkemih
  • Keruskan saluran sperma yang dapat menyebabkan testis menjadi mengecil dan sebabkan gangguan kesuburan
  • Kerusakan pada saluran vas deferens yang dapat berujung pada gangguan kesuburan
  • Rekurensi

Komplikasi pada umumnya jarang terjadi dan tergantung dari masing-masing individu. Apabila Anda berniat untuk melakukan operasi pengangkatan kista epididimis maka konsultasikanlah hal ini dengan dokter bedah urologi Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar