Sukses

Fatty liver dan sirosis hati

19 Oct 2014, 23:44 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dokter Ysh., Saya pernah mengalami perlemakan di liver 2 tahun yang lalu. Diagnosa awalnya berdasarkan hasil lab al: SGOT/PT tinggi, USG dan pemeriksaan Hepatitis A,B dan C (Negatif) . Dan saya selalu rutin melakukan Annual Medical Check up. Di bawah ini adalah permintaan saya untuk pemeriksaan darah, sbb: SGOT : 47 Normal :
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pemeriksaan laboratorium Anda yang pertama tidak dapat dipakai sebagai patokan karena Anda sebelumnya tidak berpuasa terlebih dahulu. Hasil pemeriksaan kolesterol tanpa berpusa terlebih dahulu  tidak akurat. Pemeriksaan laboratorium Anda yang kedua tidak lengkap. Kami butuh angka untuk SGOT dan SGPT serta kolesterol lengkap (kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida) untuk menganalisis kondisi Anda lebih dalam. Namun untuk sementara ini kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda satu demi satu dengan data yang tersedia :

1. Mengapa SGPT tetap tinggi ya Dok? Apa artinya bila SGPT tinggi tetapi SGOT rendah?

Serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT) atau alanine aminotransferase (ALAT) merupakan enzim yang terdapat pada sel hati dan sel jantung yang akan dikeluarkan apabila terdapat kerusakan baik pada sel hati maupun pada sel jantung. Peningkatan nilai SGPT dapat disebabkan karena hepatitis, fatty liver, serangan jantung, dan aktivitas fisik yang berat.

Aspartate transaminase (AST) atau serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) adalah enzim yang terdapat pada sel darah merah, hati, jantung, sel otot, pankreas, dan ginjal. Enzim ini akan keluar apabila terdapat kerusakan pada sel-sel tersebut.

SGPT lebih khas untuk gangguan hati dibandingkan SGOT karena SGOT merupakan enzim yang banyak terdapat di berbagai organ seperti yang tertuliskan di atas. Untuk menjawab pertanyaan Anda, sebelumnya harus diperhatikan terlebih dahulu mengenai penyebab dari peningkatan enzim ini. Apabila penyebab gangguan hati ini belum teratasi maka tentunya nilai SGPT akan tetap tinggi. SGPT tinggi dan SGOT rendah cukup khas untuk gangguan fungsi hati

2. Walaupun tidak keluhan, saya berharap Dokter bisa membantu saya untuk memberikan diagnosa

Untuk sementara ini berdasarkan data yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami Fatty LIver yang disebabkan karena hiperkolesterolemia atau peningkatan kadar kolesterol di dalam darah. Faktor risiko yang terlihat adalah obesitas.

3. Apakah ada indikasi untuk hepatis sirosis?

Sirosis hepatis merupakan penyakit kronik pada organ hati yang memiliki karakteristik penggantian jaringan hati dengan jaringan fibrosa dan terbentuknya nodul regeneratif. Sirosis akan berujung menjadi penurunan fungsi hati dan pada umumnya dapat disebabkan oleh alkohol, hepatitis,fatty liver, idiopatik, dan penyebab lainnya.

Diagnosis dari sirosis hepatitis dilakukan melalui anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan penunjang (USG, CT-scan). Untuk memastikan apakah Anda sudah mengalami sirosis hati atau belum haruslah dilakukan pemeriksaan seperti yang kami sebutkan di atas

4. Apakah gejala-gejala awal untuk hepatis sirosis, karena sekarang ini tidak ada yang saya keluhkan.

Pada tahapan awal, banyak orang yang tidak merasakan gejala atau keluhan. Namun seiring dengan progresivitas penyakit, maka akan terdapat beberapa jenis keluhan, seperti :

  • kelelahan
  • lemah
  • nafsu makan berkurang
  • mual
  • muntah
  • berat badan berkurang
  • nyeri seluruh perut atau nyeri perut kanan atas
  • gatal

5. Dengan melakukan pengujian apa saja agar kita mengetahui performabce dari liver. Termasuk tidak terjadi hepatis sirosis

Pemeriksaan laboratorium fungsi hati lengkap : SGOT, SGPT, GGT, bilirubin total, bilirubin direk, bilirubin indirek, albumin, globulin

Pemeriksaan penunjang : USG, CT-scan, biopsi hati

Semua pemeriksaan tersebut dapat dilakukan secara bertahap

6. Apakah dengan pengujian marker Hepatitis A, B dan C ( saya lupa waktu itu), pada intinya liver saya sudah Anti Hepatitis A, B dan C

Pemeriksaan yang Anda cantumkan tidak lengkap. Pemeriksaan yang dianjurkan untuk hepatitis adalah pemeriksaan HBsAG, Anti HAV, anti HCV, Anti Hbs, Anti Hbc.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penatalaksanaan holistik penyakit Anda. Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar