Sukses

Penyebab siklus menstruasi jarang

29 Oct 2009, 14:03 WIB
Wanita, 21 tahun.
dokter saya mau tanya usia 21 tahun, saya mengalami menstruasi yang tidak teraratur . saya bisa menstruasi tiap 3 bulan sekali kemudian 2 bulan sekali kemudian 4 bulan sekali bahkan sampai 5 bulan sekali.dan biasanya bila men hanya 3-5 hari apakah menstruasi yang tidak teraturakan mengganggu kesuburan, dan apakah akibatnya dimasa mendatang dan apakah ada efeknya bagi saya?apakah saya perlu minum obat?( perempuan, 21 thn,158 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
Kondisi Ibu saat ini disebut dengan oligomenorea yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.  Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Salah satu faktor yang mungkin berpengaruh pada keadaan Anda adalah berat badan yang berlebih. Karena itu, pertama kali Anda dapat mencoba menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, masukan kalori atau makanan harus lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan. Yang terbaik adalah dengan mengurangi porsi makan dan melakukan olahraga secara teratur. Adapun olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, renda karbohidrat simpleks, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dan protein.

Berikut adalah tips-tips yang dapat diterapkan untuk menurunkan berat badan:
  1. Olahraga seminggu 3 kali, setiap kali minimal 30 menit
  2. Kurangi konsumsi nasi putih, mie kuning, roti putih. Anda dapat mengonsums beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks
  3. Hindari konsumsi gorengan dan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dsb
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Pilihlah buah yang masih segar dan belum diolah
  5. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)
  6. Batasi makan malam sampai jam 7 malam. Apabila melebihi jam tersebut,Anda dapat mengonsumsi buah atau sayur.
  7. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran
Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat  memiliki dampak pada kesuburan, karena masa ovulasi (pelepasan sel telur) ikut menjadi tidak teratur. Bila Anda merencanakan untuk hamil di masa yang akan datang, tentunya hal ini dapat menjadi suatu permasalahan. Anda akan jarang sekali menstruasi, yang artinya masa ovulasi menjadi lebih sedikit.

Karena itu, harus diketahui penyebab dari siklus menstruasi yang tidak teratur. Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter dapat melakukan pemeriksaan tambahan seperti ultrasonografi (USG) serta pemeriksaan kadar hormon, dan kemungkinan akan memerikan terapi untuk mencapai keseimbangan hormonal.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar