Sukses

Mimisan saat hamil

20 Oct 2014, 07:37 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dokter yang baik... saya skrg sedang hamil 30minggu, belakangan ini saya sering mengalami mimisan waktu itu di bulan ke 4-5 saya mimisan itu juga hanya 3 x,,,nah sekarang ini saya semakin sering mimisan biasanya tiap malam dan pagi hari...yang ingin saya tanyakan apa yg menyebabkan saya mimisan sementara saya baru mengalami mimisan semenjak hamil dan darah yang keuar selalu dari hidung sebelah kanan...? apakah berpengaruh ke janin saya nantinya dok ?? terus terang saya jadi agak khawatir.... moon penjelasannya...apa yg ,mesti saya lakukan supaya tidak mimisan lagi ? Thanks( perempuan, 26 thn,149 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Kikdokter.
Mimisan atau dikenal dengan epistaksis di dalam dunia medis merupakan perdarahan dari hidung akibat dari pecahnya pembuluh darah di hidung. Mimisan di dalam kehamilan sering terjadi dikarenakan perubahan hormonal di dalam tubuh. Peningkatan hormon estrogen menyebabkan peningkatan vaskularisasi pada mukosa hidung sehingga meningkatkan kerentanan pecahnya pembuluh darah (dalam kasus ini di hidung) akibat dari trauma minor (contoh : mengorek hidung).

Jika mimisan Anda tidak terlalu banyak dan dapat berhenti sendiri, serta dari pemeriksaan dokter Anda tidak mengalami kelainan darah, maka  mimisan hanya disebabkan karena pengaruh hormon dalam kehamilan. Mimisan dalam kehamilan yang disebabkan pengaruh hormon akan berangsur berkurang menjelang persalinan.Selain itu, jika Anda merasakan keluhan selain mimisan, seperti hidung terasa tersumbat, sering tidur mengorok, ataupun merasa kesulitan bernafas melalui hidung, memiliki riwayat alergi, sebaiknya segera periksakan pada dokter spesialis THT.

Mimisan dalam kehamilan yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal tidak berpengaruh buruk pada bayi. Namun apabila mimisan tersebut tidak juga berhenti atau sangat banyak sampai Anda merasa lemas,tentunya berpengaruh pada nutrisi yang akan diberikan pada janin.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar