Sukses

Sakit gigi minum obat, sembuhkah?

17 Oct 2014, 00:43 WIB
Wanita, 24 tahun.
sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban pertanyaan saya.saat ini saya ingin bertanya kembali,sdh 2 hari ini saya sakit gigi pada gigi yg bolong 1. bahayakah jika saya konsumsi obat2an warung seperti ponstan sedangkan saya masih menyusui bayi. 2. apa pengaruhnya u asi saya dan pada bayi saya. 3. haruskah saya ke DR sedangkan pakai obat tersebut bisa meredakan sakit.karna sewaktu saya belum punya anak setiap sakit gigi saya selalu konsumsi obat tsb.atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.( perempuan, 24 thn,170 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Minum obat analgesik (obat penghilang rasa sakit) yang dapat dibeli dengan mudah di apotik/toko obat/warung tidak akan menyelesaikan masalah pada gigi Anda, selama gigi penyebab belum dirawat. Hilangnya sakit gigi Anda hanya bersifat sementara, karena bakteri penyebab infeksi gigi masih ada, infeksi masih tetap terjadi bahkan makin berkembang. Oleh karena itu gigi yang sakit harus dirawat, tergantung dari diagnosis gigi tersebut.

Obat analgesik yang biasa Ibu konsumsi sebetulnya diperbolehkan bagi ibu menyusui, dan tidak menjadi kontra indikasi. Namun perlu diingat bahwa obat-obatan apapun tentu mengandung bahan kimia -meski dikategorikan aman- dan sebaiknya dihindari sebisa mungkin. Oleh karena itu solusinya adalah berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan pada gigi yang sakit tersebut. Jangan dibiasakan mengkonsumsi obat analgesik bila sakit gigi, karena tidak menyelesaikan masalah. Sebaiknya pasien mengkonsumsi obat sesuai petunjuk dokter.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar