Sukses

Test-Pack (+), Pasti Hamil?

20 Oct 2009, 15:04 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dear Dokter.. 2 bln lalu saya kuret krn diusia kehamilan 9mgg janin tdk berkembang, kehamilan kedua saya. Bulan berikutnya saya mendpt haid, bln berikutnya tdk haid, saya testpack positif. Kemudian saya periksa ke DSOG 1st, dikatakan usia kehamilan saya 4-5mgg, udh terlihat janinnya kecil. Namun ada kista tapi tdk berbahaya bisa mngecil sendiri sesuai perkembanngan kehamilan. Keesokan harinya saya mendapati celana dlm saya terdapat flek tapi sedikit. Kmdn saya pergi ke DSOG 2nd, di DSOG ini setelah di usg katanya tdk ada kantong kehamilan, diluar rahimpun tdk ada. Saya juga hrs tespack lagi disana haslnya positif, tapi ketika dipeiksa lagi setelah saya disuruh minum air putih yg banyak utk mengisi kantung kecing saya jg masih tdk nampak. Beliau menemukan ada polip divagina saya dan menyatakan bahwa flek itu berasal dari polip tersebut dan saya memang tdk hamil. Dan menurut beliau hasil tes positif itu terjadi krn mengambil hormon tiroid saya. Saya memang dl pernah merasakan gejala tiroid tp sdh sembuh dgn obat lugoli forte dan sdh tes pada kehamilan ke 2 hasilnya tiroid saya normal. Saya disuruh kuret tp hingga saat ini (3hr) sejak periksa saya tdk kembali utk kuret krn takut. Apa yg hrs saya lakukan Dok, mengingat klo saya tdk hamil, knp hasilnya positif, saya tidak haid, payudara saya sakit, & merasakan gejala seperti org hamil. Tolong sarannya Dok...Terimakasih sebelumnya...( perempuan, 29 thn,154 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Test pack mendeteksi hormon ß-hCG yang ada di urin. Hormon ß-hCG dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% wanita. Semakin besar usia kehamilan, kadar ß-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, dan kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar.

Namun, pemeriksaan test pack dapat menunjukkan hasil positif yang palsu yaitu hasil positif tanpa disertai kehamilan. Beberapa kondisi tersebut antara lain adalah:

1. Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.

2. Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan
akan membuat tes menjadi positif, misalnya: terlalu lama.

3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:

  • Pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet
  • Obat diuretik dan obat anti Parkinson
  • Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin 
  • Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes

4. Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau

Selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopk) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b-hCG yang dihasilkan.

Karena ada kemungkinan hasil pemeriksaan yang positif palsu, hasil pemeriksaan tersebut masih perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Karena itu, kami menyarankan Ibu berkonsultasi kembali ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG ulang.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar