Sukses

Efek kunyit pra-kehamilan

20 Oct 2009, 11:40 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat pagi, dokter... saya ingin bertanya mengenai kunyit mengingat itu adalah jamu atau minuman tradisional yang sering digunakan di masyarakat. sering dikatakan bahwa kunyit adalah antibiotik alami dan dapat menghilangkan gangguan kewanitaan seperti keputihan. saya pun mengkonsumsi air rebusan kunyit dan gula aren tetapi sama sekali tidak dicampur dengan asam. Pertanyaannya adalah apakah kunyit memiliki dampak negatif terutama bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan. terimakasih dok..( perempuan, 30 thn,160 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica val. Berdasarkan penelitian dengan memanfaatkan hewan percobaan, ekstrak Curcuma memiliki berbagai macam khasiat, seperti antiinflamasi (antiperadangan), aktivitas terhadap peptic ulcer, antitoksik, antihiperlipidemia, dan aktivitas antikanker.

Selain itu, kunyit juga memiliki efek merangsang kontraksi rahim. Hal ini menjadi dasar penggunaan kunyit sebagai jamu untuk melancarkan haid. Sebaliknya, efek perangsangan kontraksi rahim ini membuat kunyit tidak aman dikonsumsi selama masa awal kehamilan karena dapat meningkatkan risiko keguguran.

Jadi, selama Ibu tidak hamil, konsumsi ekstrak kunyit tidak menjadi masalah. Namun, segera setelah Ibu mengalami tanda-tanda kehamilan, seperti keterlambatan haid, sebaiknya jangan teruskan konsumsi kunyit tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar