Sukses

Gatal sekujur tubuh

20 Oct 2009, 18:12 WIB
Pria, 50 tahun.
Ass wr wb saya sering mengalami gatal-gatal sekujur tubuh , terutama lipatan paha, lingkar perut, punggung dan tangan yg selama ini belum saya ketahui penyebabnya. Biasanya gatal tsb timbul sore hari, sehabis jam kantor/selama perjalanan dari kantor ataupun malam hari. Setelah saya minum Incidal/Cerini gatal tersebut menghilang dan akan muncul sekitar 2 - 3 hari kemudian. Kulit bekas gatal tersebut jika sedang tidak kambuh tidak berbekas / normal. Pertanyaan : 1. Apa penyebab gatal tersebut 2. Bagaimana mencegahnya (saya sdh terlalu lam minum obat / takut dampaknya) 3). Dimana saya harus konsultasi/berobat Terimakasih, Wss wr wb (laki-laki, 50 thn,165 cm,80 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya keluhan ini membuat Anda merasa sangat terganggu. Namun sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas. Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk melihat gambaran kelainan kulit yang Anda keluhkan. Mengingat kebanyakan keluhan kulit didominasi oleh rasa gatal, dengan melihat gambaran lesinya dapat membantu kami dalam menegakkan diagnosis Anda.

Saat ini, berdasarkan informasi yang sangat terbatas, memang terdapat beberapa kemungkinan penyebab keluhan kulit yang Anda alami, antara lain adalah alergi (misal: debu), keringat, faktor stres, dsb. Keluhan ini tampaknya juga terkait dengan berat badan Anda saat ini yang tergolong  berat badan berlebih (overweight). Pada orang dengan berat badan berlebih, produksi keringat umumnya akan lebih banyak yang terutama berakumulasi di daerah lipatan. Kondisi kulit yang lembab dapat menimbulkan keluhan gatal dan memudahkan terjadinya berbagai penyakit kulit termasuk biang keringat dan infeksi jamur.

Bagaimanapun, diagnosa penyakit kulit lebih mudah ditegakkan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter yang kompeten, mengingat banyak jenis penyakit kulit yang berbeda namun memiliki gambaran yang serupa. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang optimal. Dokter mungkin akan memodifikasi dosis pengobatan Anda atau memberikan obat tambahan sesuai indikasi yang ditemukan. Sementara ini, yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya keluhan antara lain dengan menghindari faktor-faktor di atas seperti mengurangi stres, memakai baju lengan panjang berbahan katun untuk menghindari debu dan mengurangi kelembaban, menurunkan berat badan, dsb.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar