Sukses

Infeksi herpes pada bumil

20 Oct 2009, 17:23 WIB
Wanita, 32 tahun.
Pada hari sabtu dokter mendiagnosa mba yang bekerja dirumah saya terkena herpes. Karena kondisi saya yang sedang hamil 3 bulan dokter tersebut menyarankan untuk saya segera memulangkan mba tersebut sampai sembuh. Yang ingin saya tanyakan, apakah ada efek virus tersebut pada kehamilan saya, sekalipun saya tidak terkena penyakit tersebut?krn virus bersifat kasat mata, dan dari beberapa referensi saya dapati bahwa virus ini dapat masuk melalui plasenta. Apa yang harus sy lakukan? apakah sebaiknya saya mengikuti tes TORCH. Tolong untuk penjelasannya. Terima kasih( perempuan, 32 thn,157 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu dikonfirmasi terlebih dahulu mengenai spesifikasi penyakit herpes yang Anda maksud. "Apakah itu herpes simpleks ataukah herpes zooster?"

Herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah. Sedangkan herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zooster yang menyerang kulit dan mukosa. Meski dapat ditularkan melalui kontak dengan barang-barang yang telah terkontaminasi, penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual karena ditularkan terutama melalui hubungan seksual, sedangkan herpes zoster timbul akibat reaktivasi virus yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela).

Pemeriksaan TORCH termasuk dalam protokol pemeriksaan yang dilakukan sebelum menikah atau mempersiapkan kehamilan, akan tetapi virus herpes yang dapat dideteksi dengan pemeriksaan TORCH adalah virus herpes simpleks, sedangkan baik virus herpes simpleks maupun virus herpes zoster sama-sama dapat menginfeksi ibu hamil dan menyebabkan kelainan pada janin dalam kandungan. Virus ini dapat menginfeksi ibu hamil melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi (herpes simpleks) atau udara (herpes zoster), baru kemudian dapat menginfeksi janin melalui plasenta atau kontak dengan lesi saat melahirkan, bukan secara langsung seperti yang Anda khawatirkan. 

Yang terpenting untuk Anda lakukan saat ini adalah menjaga kesehatan dan stamina agar tetap baik antara lain dengan berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan multivitamin mengingat virus umumnya akan mudah menginfeksi Anda saat daya tahan tubuh Anda sedang menurun.

Anda dapat mengakses URL Link https://www.klikdokter.com/illness/detail/137 dan https://www.klikdokter.com/illness/detail/240 untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai infeksi herpes simpleks

atau

https://www.klikdokter.com/illness/detail/1 untuk mengetahui informasi mengenai cacar air (varisela) yang merupakan infeksi primer dari penyakit herpes zoster

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar