Sukses

Sariawan pada bayi

21 Oct 2009, 14:04 WIB
Wanita, 28 tahun.
Sore Dok, sudah beberapa hari ini anak saya (umur 5 bulan) pada bibir bawahnya sariawan karna sering memasukan mainan kedalam mulutnya, dan lebih banyak mengeluarkan air liurnya, pertanyaan saya dok obat sariawan apa yang baik dan aman untuk anak saya? Trima kasih.( perempuan, 28 thn,150 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Anak batita memang lebih banyak mengeluarkan saliva (air liur), hal ini adalah hal yang wajar. Mengenai lesi di bibir yang Anda asumsikan sebagai sariawan, perlu diperiksa secara langsung oleh dokter gigi untuk memastikan apakah lesi tersebut betul-betul sariawan karena tampilan sariawan banyak memiliki kesamaan dengan lesi lain yang sering terjadi di dalam mulut.

Bila memang betul sariawan, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan mainan anak Anda karena anak yang sedang akan tumbuh gigi memang sering menggigit benda keras karena rasa gatal pada gusi. Selain itu Anda dapat memberi vitamin bagi anak Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Bila lesi tersebut memang sariawan maka dapat hilang dan sembuh dengan sendirinya.

Jika Anda masih khawatir dengan adanya lesi yang mirip sariawan tersebut, dan jika belum hilang lebih dari 1 minggu maka ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA).

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar