Sukses

Nyeri perut bawah saat BAK

19 Oct 2009, 15:05 WIB
Pria, 27 tahun.
KLikdokter yg terhormat, langsung kepada intinya saja..Saat buang air kecil perut bagian bawah saya terasa sakit seperti dicubit,linu..Buang air kecil normal..TErkena sakit apakah saya dok?( laki-laki, 27 thn,165 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini, akan tetapi tidak mudah rasanya untuk mendiagnosis penyebab keluhan Anda saat ini dengan data yang sangat terbatas. Persepsi Anda mengenai buang air kecil normal pun belum tentu sama dengan persepsi yang ada dalam dunia kedokteran. Untuk itu, diperlukan data-data yang lebih lengkap untuk menggambarkan keluhan yang Anda rasakan saat ini, yaitu:

  • Ada/tidaknya nyeri berkemih, perasaan tidak lampias setelah berkemih, terlau sering berkemih atau justru harus menunggu saat berkemih, dsb
  • Ada/tidaknya keluhan lain seperti demam, nyeri pinggang bawah, keluar cairan dari kemaluan, riwayat air kemih berpasir, dsb

Berdasarkan informasi yang sangat terbatas, memang terdapat kemungkinan bahwa saat ini Anda sedang mengalami infeksi pada saluran kemih Anda. Akan tetapi hal ini masih perlu dipastikan melalui pemeriksaan fisis langsung dan penunjang yang dilakukan oleh dokter yang kompeten. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis urologi untuk tatalaksana yang optimal. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, pembesaran prostat, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)
  • hindarilah kebiasaan menahan kemih
  • jagalah kebersihan daerah kemaluan

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)]

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar