Sukses

Mengendalikan hipertensi

18 Oct 2009, 20:03 WIB
Pria, 30 tahun.
usia pria berusia 30 tahun.tinggi 172 dan berat badan saya 88kg saya seriing mengecek tekanan darah saya sendiri dirumah.tekanan darah saya 180/120.kadang 190/130.say tidak merasakan masalah di tubuh saya,kadang kepala agak pusing,tapi tidak berkelanjutan,dan atas rekomendasi dari orang tua saya agar mengkonsumsi amlodipine 10mg dan v block 25mg,setelah saya minum keduanya ,sehari hanya sekali .tekanandarah saya disa turun jadi 150/100,kenapa tekanan darah saya tidak bisa mencapai normal?120/90. apa obat yang saya minum salah?terima kasih( laki-laki, 30 thn,172 cm,88 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena genetik, pola makan, atau berhubungan dengan kerusakan organ-organ tubuh. Hipertensi yang Anda miliki merupakan hipertensi derajat II dimana TD > 160/100 mmHg. Hal ini harus diatasi dengan obat-obatan ditambah diet rendah natrium dan olahraga teratur.

Pengobatan hipertensi memiliki guideline tersendiri dimana akan dipertimbangkan tekanan darah dan komplikasi hipertensi ke organ lain. Obat untuk hipertensi harus berada di bawah pengawasan dokter sampai terkontrol. Tidak disarankan untuk mengobati hipertensi sendiri karena akan sulit dievaluasi mengenai perkembangan terapi, jenis dan dosis obat.

Anda harus melakukan triple therapy untuk hipertensi, yaitu diet rendah natrium, olahraga, dan obat apabila tidak terkendali dengan diet dan olahraga. Dosis dan jenis obat yang digunakan pun dapat berbeda-beda. Penurunan tekanan darah memang tidak boleh secara drastis. Menurunkan tekanan darah hanya diperbolehkan 20% dari Mean Arterial Pressure (MAP).

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan terapi serta nasihat tepat mengenai bagaimana mengatasi hipertensi. Sebelumnya tentunya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sudah terjadi komplikasi karena usia Anda masih tergolong muda untuk hipertensi grade II sehingga dikhawatirkan komplikasi (stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, dll) memiliki kemungkinan untuk terjadi apabila tekanan darah tidak dikendalikan.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai hipertensi melalui artikel kami di bawah ini :

jantung.klikdokter.com/subpage.php

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar