Sukses

Menstruasi tidak teratur

19 Oct 2009, 13:27 WIB
Wanita, 23 tahun.
dear's to all : ingin mempertanyakan selama saya haid saya sering merasakan nyeri di perut bawah sebelah kanan,knp ya dok? dan haid saya tidak pernah teratur ,sekalinya haid bisa melebihi 1 mggu lamanya? mohon agar dapat di bantu untuk jawabannya .terima kasih( perempuan, 23 thn,157 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari, @ 3-7 hari, dengan volume 20-60ml/hari (2-4 pembalut). Sayang sekali Anda tidak memberikan gambaran mengenai siklus Anda untuk dapat dianalis lebih baik. Ketidakteraturan siklus menstruasi pada wanita muda pada umumnya disebabkan karena ketidakseimbangan siklus hormonal. Penyebab lainnya adalah gangguan dari sistim reproduksi.

Nyeri di perut bawah merupakan salah satu Sindroma Premenstruasi yang terjadi sebelum dan ketika menstruasi akibat dari kontraksi otot-otot rahim. Sindroma ini umum dialami oleh wanita menstruasi dikarenakan perubahan hormonal. Namun tentunya apabila nyeri perut tersebut sangat mengganggu aktivitas, maka dapat dicurigai penyebab lainnya seperti Endometriosis.

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan agar berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk evaluasi dan terapi holistik.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar