Sukses

Nyeri tangan menjalar di malam hari

18 Oct 2009, 18:24 WIB
Wanita, 35 tahun.
dear dokter, Sudah selama 1 minggu ini saya mengalami rasa ngilu yang sangat menggganggu setiap malam, yaitu di bagian telapak tangan yang menjalar sampai siku lengan. Hal ini membuat saya tidak bisa tidur. Sedangkan jika siang hari rasa itu hilang hanya tinggal seperti kesemutan saja. Apakah ini tanda adanya suatu penyakit? Tolong jawabannya, karena saya takut sekali untuk cek ke dokter. Atas perhatiannya, terimakasih banyak. Salam,( perempuan, 35 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri yang menjalar dari telapak tangan sampai siku lengan disebut dengan neuropati perifer dan dapat disebabkan karena iritasi dari saraf akibat beberapa sebab, diantaranya adalah :

  • diabetes melitus
  • sindroma terowongan karpal
  • defisiensi atau kekurangan vitamin B12
  • defisiensi asam folat
  • stress repetitif akibat gerakan berulang yang dilakukan oleh tangan
  • gangguan atau kerusakan pembuluh darah di tangan
  • inflamasi atau peradangan kronik dari saraf di tangan
  • gangguan keseimbangan hormonal
  • tumor

Untuk mengetahui penyebabnya, harus dilakukan anamnesis atau wawancara lengkap dengan Anda mengenai pekerjaan, pola makan, penyakit yang diderita, atau riwayat kesehatan baik Anda maupun keluarga.

Namun keluhan gejala terjadi pada malam hari dan terbangun di malam hari cukup khas untuk Sindroma Terowongan Karpal (Carpal Tunnel Syndrome-CTS). Kebanyakan kasus CTS adalah idiopatik atau tidak memiliki penyebab khusus. Beberapa kasus memiliki predisposisi genetik atau keturunan dan dapat berkaitan dengan beberapa penyebab seperti trauma (patah tulang atau perlukaan di daerah tangan), kehamilan, hipertiroid, dan beberapa jenis penyakit lain.

Hubungan antara CTS dengan pekerjaan yang membutuhkan gerakan repetisi dari tangan seperti mengetik, mengangkat benda berulang kali, masih kontroversial. Gerakan repetisi dari tangan memang dapat menyebabkan kerusakan jaringan atau iritasi saraf namun belum tentu menjadi CTS.

Apabila memang Anda menderita CTS, maka terapi definitif atau penyembuhan total adalah operasi untuk melepaskan jepitan saraf di daerah terowongan karpal (pergelangan tangan). Apabila tidak dioperasi, yang dapat dilakukan adalah mengistirahatkan tangan Anda (imobilisasi), tangan dibidai di waktu malam hari (splinting), suntikan steroid, obat-obatan, fisioterapi dan terapi okupasional (pekerjaan). Namun terapi ini tidak akan menyembuhkan total

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk melakukan anamnesa lebih lanjut dan terapi sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar