Sukses

Vitamin E dan pembentukan kista

20 Oct 2014, 05:48 WIB
Wanita, 25 tahun.
Berdasarkan hasil USG, di indung telur kanan saya ada kista ukuran 3.5 x 4, dan dokter tidak memberikan obat apapun dan 3 bulan lagi saya harus cek up ke dokter. yang ingin saya tanyakan apakah kista tersebut pengaruh dari konsumsi Vitamin E dan kintan hitam yang bisa menyubur kandungan? apakah saya masih boleh minum vitamin e dosis tinggi dan habatusauda tersebut? Mengapa dokter tidak memberi saya obat ya dok? apakah saya masih punya harapan untuk hamil?? Apakah kista tersebut bisa mengecil? (perempuan, 25 thn,155 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Kista fungsional umumnya berukuran < 6 cm. Pada keadaan ini kista hanya akan diobservasi, termasuk melalui pemeriksaan USG setiap 2 bulan sekali, seperti yang dilakukan oleh dokter Anda saat ini. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri.

Penyebab timbulnya kista ovarium tidak diketahui pasti, dan tidak ada pola makan tertentu yang dapat mempengaruhi tumbuhnya kista ovarium. Oleh sebab itu, Anda masih dapat mengonsumsi vitamin E dan jinten hitam seperti sebelumnya. Kedua obat tersebut bahkan diyakini dapat membantu mencegah dan mengecilkan kista Anda. Namun memang sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda yang lebih mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    1 Komentar

    • Sit******uroh

      Met mlm dok....sya di ksh obat Glisodin Cap itu vintamin apa buat program kehamilan dok mnta solusonya