Sukses

Kehamilan di luar kandungan

20 Oct 2014, 09:08 WIB
Wanita, 19 tahun.
Oh ya dokter, saya ingin bertanya...apa yang harus kita lakukan apabila mengalami kehamilan diluar kandungan, bila kehamilan terjadi di saluran telur dan kita mengalami pendarahan.. Makasih,( perempuan, 19 thn,148 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/ Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kehamilan di luar kandungan/kehamilan ektopik (KE) yang terdapat pada indung telur sangat jarang terjadi jika dibandingkan jenis kehamilan ektopik lainnya. Angka kejadian kehamilan ektopik dilaporkan sebanyak 1 pada 7000 hingga 1 pada 60.000 persalinan dan menempati angka 1-3% dari jenis kehamilan ektopik jenis lainnya. KE pada indung telur sering sekali salah didiagnosis karena menyerupai gambaran kista ovarium atau perdarahan korpus luteum. 

Pada keadaan kehamilan ektopik memberikan gejala, seperti pada kasus Anda yaitu perdarahan, maka disebut juga kehamilan ektopik terganggu  (KET).

KET pada indung telur dapat ditata laksana dengan melakukan oophorectomy (pengangkatan indung telur) atau dengan reseksi irisan indung telur. Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa KE indung telur dapat juga diobati dengan pengobatan dengan golongan metrotreksat, namun hanya pada pasien dengan kondisi tertentu. Perkembangan terbaru tata laksana KET adalah dengan laparoskopi saja, artinya hanya mengangkat kehamilan ektopik saja tanpa mengangkat jaringan indung telur yang masih sehat. 

Anda dapat mengetahui lebih lengkap tentang jenis-jenis kehamilan ektopik lainnya melalui situs kami dengan judul Kehamilan ektopik.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,


Redaksi Klikdokter 


    0 Komentar

    Belum ada komentar