Sukses

Impaksi sebabkan benjolan di dagu?

18 Oct 2014, 18:51 WIB
Pria, 24 tahun.
apakah impaksi gigi dapat menyebabkan benjolan dibawah dagu, dan bagaimana cara mengatasi benjolan tersebut apakah harus operasi?? ( laki-laki, 24 thn,167 cm,72 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Gigi disebut impaksi bila ia gagal untuk erupsi/tumbuh ke posisi yang normal dan berfungsi dengan baik. Gigi gigi molar tiga bawah adalah gigi yang memiliki angka kejadian impaksi paling tinggi.

Gigi molar 3 impaksi yang seluruhnya terbenam dalam tulang akan tetap terbungkus dalam "developmental sack" yang merupakan tempat perkembangan benih gigi. Pada beberapa kasus, kantung tersebut dapat mengalami perubahan dan berkembang menjadi kista. Besar kecilnya ukuran kista bervariasi pada setiap pasien. Ada pasien yang tidak menyadari adanya kista yang berkaitan dengan impaksi molar tiga, terkadang tidak sengaja diketahui pada saat pemeriksaan radiograf rutin. Namun ada juga kasus dimana kista membesar hingga menyebabkan benjolan pada rahang bawah.

Penatalaksanaan kista tersebut bergantung pada kondisi kista, dan sebelumnya harus terlebih dulu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Bila terjadi gejala lain yang menyertai misalnya peradangan, atau infeksi maka ini harus disembuhkan terlebih dulu.Umumnya memang dibutuhkan tindakan operasi untuk pengambilan gigi penyebab.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar