Sukses

Musik & bayi di kandungan

14 Oct 2009, 20:25 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dokter, saat ini saya sedang hamil anak pertama saya +- 4 bln. Apakah benar mendengarkan musik klasik membawa pengaruh positif pada bayi dalam kandungan ? Pengaruh apa saja yang bisa ditimbulkan, dan berapa lama harus didengarkannya ? Apakah hanya jenis musik klasik atau musik lain juga bisa misalnya musik instrumental ? Terima kasih ( perempuan, 30 thn,165 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Memperdengarkan musik sedari dini mulai dari bayi dalam kandungan, bertujuan untuk memberikan stimulasi pada  indera pendengaran, otak maupun tubuh. Menurut beberapa penelitian yang berkembang bahwa dengan mendengarkan musik klasik akan merangsang gelombang otak yang dapat membantu pendidikan dan perkembangan emosi, serta menentramkan perasaan bayi dalam kandungan.

Tidak ada bukti yang menyatakan bahwa musik klasik lebih bermanfaat dibandingkan dengan jenis musik lainnya. Sehingga jenis musik apa pun dapat diperdengarkan pada bayi selama beberapa saat yang Anda inginkan. Sebaiknya Anda juga merasakan, reaksi yang dilakukan oleh bayi Anda ketika diperdengarkan pada suatu jenis musik tertentu. Apakah ia menendang ataukah menjadi lebih tenang? 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

Indera pendengaran janin sudah dapat berkembang sempurna pada usia kurang lebih 6 bulan.   

    0 Komentar

    Belum ada komentar