Sukses

Konsumsi asam folat pre-kehamilan

18 Oct 2014, 07:06 WIB
Wanita, 25 tahun.
Yth klikdokter....menurut saran klik dokter, konsumsi folat sebelum hamil sangat baik. namun apakah suplemen folat dapat dibeli secara bebas di apotek? lalu berapa kandungan folat yang dianjurkan untuk yang ingin hamil? Adakah efek samping konsumsi folat berlebihan, dan tidak atas petunjuk dokter? Terima kasih.( perempuan, 25 thn,165 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang tehormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Konsumsi vitamin B9 atau disebut juga asam folat memang dianjurkan dalam perencanaan kehamilan. Kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pembuluh saraf/otak dan sumsum tulang belakang, sedangkan pada pada ibu risiko hipertensi dalam kehamilan pun meningkat.

Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak janin.

Vitamin ini dijual bebas sebagai bagian dari suplemen multivitamin atau vitamin B-complex. Sebelum membeli, Ibu perlu memperhatikan jumlah kandungan masing-masing vitamin, terutama asam folat. Karena merupakan bagian dari suatu kompleks vitamin, jarang ditemukan hipervitaminosis asam folat.

Kalau pun ada, tanda-tanda kelebihan asam folat tersebut adalah gejala-gejala saluran pencernaan seperti penurunan nafsu makan dan kembung. Selain itu, kelebihan vitamin juga dapat menyebabkan terbentuknya kristal folacyn pada ginjal sehingga muncul gejala-gejala batu ginjal.

Selain itu, dalam persiapan kehamilan, Ibu juga perlu:

  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdoker)

    0 Komentar

    Belum ada komentar