Sukses

HPHT vs Ultrasonografi

14 Oct 2009, 22:55 WIB
Wanita, 27 tahun.
pagi dokter... langsung aj yak dok, saya bingung dengan usia kandungan saya dok..awal haid tgl 4 mei selesai 11 mei...klo menurut kalender hamil 22 minggu sapai saat ini (12 okt'09)... tapi klo hasil USG usia kandungan saya 28 minggu...kata bidan yg menangani saya itu dikarenakan bayi saya besar dan saya sekarang sdh tdk diberi vit. lagi karena bayi saya besar....jadi sebenarnya mana yg benar yak dok...biar kami bisa mempersiapkan saat kelahiran nanti..thanks sebelumnya dokter...( perempuan, 27 thn,158 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan penelitian, metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dipercaya. Walaupun demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan, meskipun tidak terlalu besar, terutama jika dilakukan setelah triwulan pertama.

Apakah diagnosis bayi besar ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan dengan USG? Jika perlu, Ibu dapat meminta dilakukan pemeriksaan ulang untuk memastikannya. Besar bayi tergantung dari makanan yang Ibu makan, terutama kandungan glukosanya.

Karena itu, Ibu perlu membatasi makanan dengan kadar gula tinggi, seperti minuman bersoda. Besar bayi tidak berhubungan dengan vitamin yang Ibu konsumsi. Selama kehamilan, suplemen vitamin dan mikronutrien lain seperti zat besi diperlukan untuk kesehatan Ibu serta perkembangan janin, jika kebutuhannya tidak tercukupi dari makanan Ibu sehari-hari.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar