Sukses

Sperma campur darah, mungkinkah?

18 Oct 2014, 12:01 WIB
Pria, 23 tahun.
page dok.. dok mau tanya mungkin gak kalo sperma kecampur ma darah? soalnya kmaren-kemaren kan saya mimpi basah terus pas dilihat diCD sperma'y ada darahnya gtu,,drah,y bkn drh sgar, drah yg udh lma, trus hmpir setiap klwr sperma spermanya ky ad drhnya gtu..apkh ini bhya?trus pemeriksaan ap bwt pnunjang?pnyakit ap y dok?( laki-laki, 23 thn,167 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keadaan yang Anda keluhkan sangat mungkin terjadi dan biasanya dapat membuat panik setiap pria yang mengalami. Baiklah, kami akan memaparkan informasi tentang sperma yang bercampur darah. Keadaan terdapatnya darah pada cairan ejakulat atau semen disebut juga hematospermia. Penyebab dari hal ini belum diketahui secara pasti. Umumnya hal ini terjadi karena adanya trauma, peradangan nonspesifik saluran kemih, prostat, vesikula seminalis (saluran semen), atau kelainan sistemik seperti gangguan hati, darah. Keadaan ini seringkali berhenti dengan sendirinya, dan dapat membaik hingga 1-2 bulan. Bila dalam 2 bulan menetap, maka dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan di dokter. Berikut  beberapa pemeriksaan fisik yang dapat dilakukan meliputi:

pemeriksaan penis, diperiksa apakah ada luka yang dapat berpengaruh pada ejakulasipemeriksaan saluran semen,dilihat apakah ada benjolan ataupun penebalan colok dubur, apakah dapat teraba saluran semen melalui dubur? seraya memastikan adanya pembesaran prostat.  Keadaan normal saluran semen tidak dapat diraba. Selanjutnya, bila ditemukan adanya kelainan pada pemeriksaan fisik, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang yang sesuai dengan organ yang bermasalah. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah urologi jika gejala yang dialami mengganggu dan disertai dengan gejala lain seperti nyeri saat berkemih.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar