Sukses

Ejakulasi dini dan masturbasi

18 Oct 2014, 13:50 WIB
Pria, 24 tahun.
saya berusia 24 thn,,sejak SLTP saya sering masturbasi,dan sekarangpun saya kadang masih melakukannya,,tapi saya merasakan ada perbedaan ereksi saya,dahulu saya bisa bertahan 10 mnitan,,tapi kenapa sekarang hanya dengan digosok gosok saja saya cepat keluarnya?apa permasalahan yang sebenarnya?apa itu termasuk dalam ejakulasi dini?tolong konfirmasinya..( laki-laki, 24 thn,170 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Saudara, kami akan menjelaskan mengenai disfungsi ereksi dan ejakulasi dini terlebih dahulu.

Secara definisi, disfungsi ereksi (DE) adalah kurangnya kemampuan seseorang untuk mempertahankan proses ereksi agar dapat melakukan aktivitas seksual dengan baik. Sedangkan ejakulasi dini (EDi) adalah suatu kondisi ketidakmampuan mengontrol ejakulasi sehingga terjadi dalam waktu singkat dengan rangsangan minimal, dan terjadi sebelum kedua pasangan tersebut menginginkannya. Apabila Saudara merasa telah memenuhi kriteria di atas, maka saat ini Saudara sedang mengalaminya.

Meski mayoritas disebabkan oleh faktor psikis, baik DE maupun EDi dapat disebabkan oleh faktor psikis dan organik sehingga perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Adapun cairan kelenjar normalnya dapat keluar setiap seorang pria berpikir atau melihat hal-hal yang merangsang. Hal ini harus dibedakan dengan ejakulasi yang mengeluarkan cairan ejakulat (berisi sperma).

Namun teknik masturbasi yang salah dan terlalu berlebihan secara tidak langsung memang dapat berpengaruh pada sensitivitas seseorang dalam menerima rangsangan. Bila dilakukan secara tepat, onani atau masturbasi dapat melatih seseorang mengendalikan sensitivitas dan penerimaannya terhadap stimulus/rangsangan seksual.

Yang dimaksud dengan tepat disini adalah dengan memanfaatkan rangsangan tersebut secara perlahan, jangan terburu-buru untuk mencapai orgasme. Teknik mesturbasi yang salah dapat berujung pada ereksi yang lemah dan ejakulasi dini. Selain itu, masturbasi yang terlalu sering juga berdampak pada perubahan pola tidur, stres, gangguan panik/kecemasan, lemas, kurangnya konsentrasi yang pada akhirnya juga dapat mempengaruhi kemampuan seksual orang tersebut. Belum ditambah dengan risiko perlukaan dan infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Dengan latihan yang benar, ejakulasi dapat dikontrol dan diperbaiki secara perlahan. Namun sebaiknya evaluasi tetap dilakukan terlebih dulu untuk memastikan penyebabnya, terutama untuk kasus disfungsi ereksi. Untuk informasi lebih lengkap mengenai DE, EDi dan tatalaksananya, Saudara dapat mengakses Rubrik Seks dan Andrologi kami atau dengan mengetik kata "Ejakulasi dini" dan "Disfungsi Ereksi" pada mesin pencari yang terletak pada halaman depan situs klikdokter.com.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar