Sukses

Keputihan sebabkan sulit hamil?

20 Oct 2014, 08:31 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat siang, saya perempuan30 tahun dan sudah menikah. Sudah 7bulan kami menikah, tapi belum dikarunia keturunan. Setelah periksa ke dokter tapi, ada 1 masalah yaitu keputihan, sudah diobati dan sembuh. tapi setelah 3 minggu, sebelum haid, saya keputihan lagi disertai sedikit rasa gatal. apakah itu normal? kebersihan di daerah intim sudah sangat dijaga. apakah ada makanan yang menyebabkan keputihan dan sebaiknya dihindari? dan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi utk pria dan wanita supaya bisa cepat hamil ? trimakasih( perempuan, 30 thn,160 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keputihan pada wanita terbagi atas keputihan normal atau fisiologis dan keputihan abnormal yang disebabkan karena infeksi dari berbagai kuman. Keputihan fisiologis merupakan cairan vagina yang keluar dikarenakan perubahan hormonal. Pada umumnya cairan ini berwarna bening atau putih, tidak memiliki keluhan gatal, panas, dan bau. Apabila keputihan Anda seperti yang kami gambarkan, maka keputihan yang Anda alami masih normal.

Untuk mengatasinya sebaiknya dengan sering berganti celana dalam 3 kali dalam sehari, hindari celana dalam yang berbahan nilon, selalu keringkan kemaluan setelah BAB dan BAK dengan menggunakan handuk bersih atau tissue, dan faktor terpenting ialah selalu menjaga kebersihan alat kemaluan.

Apabila keputihan berlanjut maka konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar diberikan penyuluhan kesehatan lebih lanjut. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya.

Beberapa saran yang dapat kami berikan agar meningkatkan kemungkinan kehamilan adalah :

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

  • Melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas) terutama di masa subur

Demkian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar