Sukses

Nyeri payudara, perubahan menstruasi

19 Oct 2014, 21:27 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat Pagi, Dokter yang terhormat, Saya ingin menanyakan perihal rasa nyeri yang beberapa belakangan ini terasa mengusik pikiran dan hati Saya. Sudah lewat dari bulan ini, payudara saya terasa nyeri sekali, kadang saking nyerinya serasa menusuk tulang. memang bulan september kemarin, siklus haid saya berubah menjadi kurang normal dari bulan-bulan biasanya. yang biasanya hanya 7 hari, berubah menjadi 2 minggu, dengan masa 7 hari berupa flek coklat yang cukup banyak, dan 7 hari menstruasi yang normal seperti biasa. apakah ini ada hubungannya dengan perubahan hormon menjelang menstruasi? saat ini payudara saya terasa sangat nyeri, dan saya masih mengalami siklus haid namun sudah hari ke-6 jadi tinggal sedikit haidnya. Bagian perut kanan bawah saya juga sering terasa nyeri, ini sudah berlangsung kurang lebih setahun dari agustus tahun 2008. nyerinya timbul hilang, saat sedang nyerisseperti ada yang berdenyut di bagian bawah kanan perut. tadinya saya fikir usus buntu, alhasil saya cek ke dokter umum, dan dikatakan hanya kram perut, lalu diberi obat, tp efek sampingnya berupa depresi pernafasan sehingga saya ngos-ngosan setiap habis minum obat, makanya tidak saya lanjutkan. setelah minum obat itu memang agak enakan efeknya sampai sekarang, nyeri yang dirasakan tidak begitu terasa, hanya sesekali timbul hilang. sekedar info, biasanya selama haid saya tidak pernah merasakan nyeri, tp sejak sakit perut itu, setiap haid saya merasakan nyeri dan sakit, tp tidak hebat dan masih tetap bs beraktifitas dengan normal. sampai sekarang saya belum pernah untuk cek ke dokter dengan USG karena takut. Apakah ada kelainan atau hanya gejala umum, dok ?? dan bagaimana penanganannya?? saya mohon jawaban dari dokter segera yaa .. agar saya dapat dengan cepat mengambil langkah antisipasi. tks dokter.( perempuan, 22 thn,161 cm,54 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perubahan siklus menstruasi menandakan adanya gangguan di dalam sistim reproduksi ataupun bagian lain yang mempengaruhi sistim reproduksi. Siklus haid yang memanjang pada priode menstruasi normal disebut dengan menoragia. Menoragia dapat disebabkan karena gangguan pembekuran darah, gangguan hormonal,  atau gangguan pada endometrium (lapisan terdalam rahim). Tergantung penyebabnya, menoragia dapat diikuti dengan nyeri pada saat menstruasi (dismenorea).

Penyebab menstruasi yang diikuti dengan dismenorea banyak disebabkan karena endometriosis atau infeksi pada panggul. Apabila Anda sudah menikah, maka kemungkinan terjadi kehamilan ektopik dan aborsi inkomplit dapat dipertimbangkan.

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah perubahan hormonal yang berkaitan dengan menstruasi, kehamilan, pubertas, alkoholisme, perlukaan, dan infeksi pada payudara. Pada usia Anda, kemungkinannya adalah perubahan hormonal, infeksi, atau perubahan fibrokistik pada jaringan payudara.

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat ditangani dengan holistik.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar