Sukses

Asam urat dan ginjal

18 Oct 2014, 19:38 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dokter yang terhormat, saya mau tanya? saya punya kakak laki-laki yang sekarang berusia 38 th. Kakak saya mengidap penyakit asam urat dan sering kambuh-kambuhan. Kebetulan yang diserang kaki dan kalau sudah kambuh tidak bisa jalan. Dan ginjal kakak saya juga bermasalah juga. Yang mau saya tanyakan, penyakit ginjal kakak saya ini apa pengaruh dari penyakit asam uratnya? Terus untuk mengobati penyakit asam uratnya harus bagaimana, agar bisa sembuh total. Itu aja yang ingin saya tanyakan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih( perempuan, 27 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Asam urat atau dalam bahasa medis "gout" adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol  asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).  Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal. Sehingga, memang ada kaitan antara asam urat dengan penyakit ginjal.

Sedangkan untuk pengobatannya, adalah dengan cara melakukan pengobatan dan kontrol rutin. Gejala yang dirasakan umumnya dapat langsung menghilang setelah mulai pengobatan. Namun perlu diingat bahwa gejala gout dapat berulang kembali jika tidak melakukan kontrol rutin dan menerapkan pola hidup sehat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah berulangnya kembali gejala adalah dengan pembatasan makanan yang mengandung purin (jeroan, sarden, ikan herring, kerang, kacang, bayam, udang, daun melinjo), konsumsi kalori sesuai kebutuhan, konsumsi tinggi karbohidrat, rendah protein, rendah lemak, tinggi cairan, menghinadari alkohol.

Untuk informasi lebih lengkap tentang asam urat, Anda dapat mengakses situs kami dan melakukan pencarian tentang asam urat. Berikut beberapa judul yang dapat Anda baca:

Arthritis Gout

www.klikdokter.com/illness/detail/44#

Pola makan sehat

www.klikdokter.com/article/detail/826#

 

Kami sarankan agar kakak Anda dapat memeriksakan diri langsung ke dokter umum untuk mengetahui dengan jelas penyakit yang diderita, sehingga selanjutnya dapat ditentukan tata laksana yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar