Sukses

Bayi naik pesawat: Bolehkah?

07 Oct 2009, 02:21 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok, saya baru saja melahirkan, dan putri saya baru berusia 9 hari. yg ingin sy tanyakan, apakah berbahaya jika sy membawa bayi sy naik pesawat karena saya ingin melakukan perjalanan. mohon info dan saran2 dari dokter,terima kasih( perempuan, 28 thn,160 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Secara umum, bayi dapat dibawa melakukan perjalanan lewat udara setelah berusia 2 hari. Namun, perusahaan penerbangan akan meminta surat ijin dari dokter anak bayi berusia 2 - 7 hari. Jika Ibu melahirkan dengan proses sectio caesaria, Ibu harus menunggu selama 10 hari setelah kelahiran sebelum diperbolehkan terbang. Namun, pada umumnya, bayi baru dapat diajak berpergian dengan pesawat terbang komersial setelah berusia 2 minggu.

Walaupun demikian, perlu diingat bahwa sebagian besar ahli menyarankan untuk membatasi paparan bayi baru lahir atau bayi kecil terhadap sekumpulan orang dalam jumlah banyak untuk mencegah bayi tersebut tertular penyakit seperti infeksi virus atau infeksi lain. Selain itu, proses perjalanan itu sendiri dapat menjadi situasi yang menimbulkan 'stress' pada bayi dan ibunya. Apalagi segala keperluan bayi yang perlu dibawa dalam kabin akan merepotkan dan mengganggu kelancaran perjalanan orang tua.

Karena itu, jika perjalanan ini tidak bersifat sangat perlu, sebaiknya tidak dilakukan sampai anak berusia lebih besar. Jika memang diperlukan, sebaiknya Ibu berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak yang menangani bayi Ibu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga mrmbantu. (PNA)

Terima kasih.

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar