Sukses

Terlambatkah perkembangan anak?

19 Oct 2014, 04:27 WIB
Wanita, 24 tahun.
anak saya perempuan masuk usia 7 bulan belum tumbuh gigi dan belum bisa merangkak,yg ingin saya tanyakan usia berapakah gigi tumbuh pada bayi dan usia berapa anak mulai merangkak. soalnya anak temen saya usia 6 bulan sudah tumbuh gigi 2 buah.apakah anak saya perkembangan lambat ? tks (perempuan, 24 thn, 170 cm, 65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Orang tua sering bingung, kapan sebetulnya gigi susu anak pertama kali mulai tumbuh. Kebanyakan orang mengira bahwa bayi yang baru lahir belum ada gigi. Padahal pada saat lahir, mahkota gigi susu yang berjumlah 20 sudah hampir selesai terbentuk, dan tersembunyi di balik gusi dan tulang bayi. Gigi susu yang pertama kali timbul adalah dua gigi seri pertama (insisivus tengah) bagian bawah, kemudian diikuti oleh dua gigi insisivus tengah atas, dua gigi insisivus lateral atas, dan seterusnya. 

Gambar 1. Pertumbuhan gigi susu

Adapun anak umumnya sudah bisa merangkak ketika menginjak usia 6-9 bulan. Saat ini anak Anda memang belum bisa merangkak, namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena setiap anak dapat memiliki variasi dalam pencapaian perkembangannya. Hal ini adalah wajar mengingat usia anak Anda saat ini yang masih berada dalam rentang usia di atas. Untuk perkembangan yang optimal, diperlukan peran Anda dan setiap orang yang berada di sekitar buah hati untuk merangsang perkembangannya dengan memberikan stimulasi secara periodik dan teratur. Apabila anak Anda sudah dapat duduk sendiri, cobalah letakkan sebuah mainan di luar jangkauan anak Anda, usahakan agar ia mau merangkak ke arah mainan dengan menggunakan kedua tangan dan lutunya.

Yang harus diingat adalah agar stimulasi tersebut dilakukan secara rutin dan bertahap hingga anak dapat mencapai perkembangannya dengan baik.  Anda dapat mengakses Rubrik Tumbuh Kembang Anak kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai berbagai hal yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk stimulasi untuk merangsang perkembangannya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar