Sukses

Saya menderita TB?

03 Oct 2009, 12:32 WIB
Wanita, 52 tahun.
Dok,2 tahun yang lalu saya mengalami batuk berkepanjangan,berat badan turun,makan dan minum selalu tersedak. Dokter paru pertama mendiagnosa hasil rontgen thorax bagus dan mengidap asma kronis. Selama setahun lebih berobat hasilnya batuk berkurang dan dahakpun berkurang banyak, berat badan tetap turun, susah makan dan minum. Dokter paru ke dua masih diagonasa yang sama, batuk udah berkurang banyak, dahak tidak ada, tinggal minum yang masih tersedak. Berat badan juga naik. Dokter juga merujuk ke dokter THT dan jantung. Hasil jantung baik dan di THT didiagonosa paralisa pita suara kiri yang mengakibatkan sering tersedak. Karena hasil jantung baik dirujuk kembali ke dokter paru dan melakukan CT scan paru. Dokter paru ke tiga melakukan tes mantoux,hasilnya positip. Apa benar saya menderita TB, apa masih perlu minta second opinion lagi.Apa masih diperlukan CT scan? Saya tinggal bersama anak dan cucu berumur 15 buan. Sejauh ini mereka tidak pernah batuk. Cuma cucu saya yang berat badannya susah naik. Apa mereka perlu melakukan tes tuberkolis.Terimakasih atas kesempatan yang diberikan.( perempuan, 52 thn,156 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penentuan diagnosa tuberkulosis (TB) berdasarkan 3 hal, anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mengarah, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen yang memperlihatkan hasil TB.

Pemeriksaan mantoux pada orang dewasa tidak seakurat untuk anak-anak karena pada umumnya orang dewasa memang sudah banyak yang terinfeksi kuman TB namun tidak aktif atau tidak bermanifestasi. Secara otomatis apabila seseorang sudah terinfeksi kuman, maka kekebalan tubuhnya akan terbentuk dan mantoux akan positif. Seperti yang kami ungkapkan di atas, penentuan diagnosis TB pada orang dewasa bukan berdasarkan mantoux namun berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen. Untuk memastikan apakah Anda benar positif TB maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dahak.

TB sendiri memang merupakan penyakit yang mudah menular melalui saluran pernapasan. Apabila memang Anda terkena TB, maka periksakanlah cucu dan anak Anda. Anak-anak lebih rentan terinfeksi TB dibandingkan orang dewasa karena daya tahan tubuh mereka yang belum sempurna.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar