Sukses

Ingin dirawat dengan implant

18 Oct 2014, 10:21 WIB
Pria, 23 tahun.
Assalamu'alaikum, Saya pria 23 tahun,punya masalah dengan gigi berlubang. Waktu kecil saya malas gosok gigi sehingga 4 graham,dan 1 gigi seri atas kanan depan berlubang/mati dan berubah warna. Kondisi ini sudah saya alami sejak smp ( 9 tahun lalu ). Sekarang saya sedikit mengetahui tentang implan gigi. Dan saya ingin memakainya untuk estetika dan memperbaiki pencernaan mulut saya, terutama gigi depan (kondisi masih tertanam tapi mati,berlubang,berubah warna). Yang ingin saya tanyakan : 1. Bisakah saya memakai gigi implan (kondisi saya sehat)?2. Berapa lama/hari proses dari awal (konsultasi&pemeriksaan) sampai selesai (pemasangan/operasi/penyembuhan) 3. Ke Dokter/RS mana saya bisa melakukannya ( rumah saya di kebumen,jawa tengah ) 4. Berapa perkiraan biaya yang dibutuhka dari proses awal sampai selesai ( bajet kira2 10 jt ) Demikian riwayat kesehatan dan pertanyaan saya. Mohon bantuannya. Assalamu'alaikum( laki-laki, 23 thn,172 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pertama-tama Saya ingin menegaskan bahwa prinsip dari perawatan gigi adalah minimal intervention, dan mempertahankan gigi dalam keadaan sehat selama mungkin di dalam mulut karena sebaik-baiknya gigi tiruan masih lebih baik gigi asli. Memang pasien memiliki hak otonom untuk memutuskan perawatan apa yang akan dijalani, setelah dokter/dokter gigi menjelaskan secara seksama tentang alternatif perawatan apa saja yang dapat dilakukan lengkap dengan kelebihan, kekurangan, dan efek samping yang mungkin terjadi. Jadi dalam kasus Anda tetap dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi yang berkompeten, agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung yang akan mendasari pertimbangan untuk mengambil keputusan secara profesional.

Perawatan implan dapat dilakukan bila sesuai dengan indikasinya dan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya kondisi kesehatan tulang alveolar (tulang rahang), ketinggian tulang, kondisi pasien secara umum, dan lain-lain. Persentase keberhasilan perawatan ini cukup tinggi, namun resiko kegagalannya juga tidak dapat diabaikan. Yang cukup sering terjadi adalah reaksi alergi atau reaksi penolakan tubuh pasien terhadap material implant sehingga implant tidak berumur panjang di dalam mulut.

Implan pada dasarnya adalah gigi tiruan yang menggantikan gigi asli secara keseluruhan tidak saja mahkota gigi tapi juga akar. Jadi gigi depan Anda harus dicabut terlebih dulu. Bila gigi depan Anda masih memungkinkan (masih cukup banyak jaringan yang tersisa) maka ada alternatif perawatan lain yang resikonya relatif lebih kecil dengan biaya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan implan, misalnya mahkota tiruan pasak. Gigi depan tersebut harus dirawat saluran akar terlebih dulu baru kemudian dibuatkan mahkota tiruannya.

Mengenai referensi rumah sakit, Saya mengharapkan pemakluman Anda, atas pertimbangan kebijakan etika profesi serta netralitas independen isi jawaban konsultasi  maka Saya tidak dapat menginformasikan lembaga usaha ataupun pihak individu yang
berkompetensi yang Anda butuhkan.Namun Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari Rumah Sakit, Klinik, atau bahkan  Dokter Spesialis pada website Klikdokter.com berkaitan dengan persoalan. Dimana data seluruh dokter yang kami miliki sudah terintegerasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Untuk menggunakan fitur pencarian tersebut, akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar  website Klikdokter.com, kemudian pilih 'Cari Dokter'. Anda akan diminta memilih Spesialisasi dari dokter yang Anda cari, kemudian masukan domisili dari dokter yang bersangkutan, kemudian yang terakhir memasukkan nama dari dokter yang Anda cari. Lalu tekan tombol 'Cari'. Sama halnya untuk pencarian Rumah Sakit maupun klinik.

Mengenai biaya perawatan implant, dapat sangat bervariasi antara satu dokter dengan doker yang lain dan bergantung pada material implant yang digunakan, dan material yang akan digunakan sebagai protesa yang akan dipasang di atas implant. Umumnya harga yang dikenakan untuk perawatan tersebut mulai dari sekitar Rp 8 juta, namun harga tersebut terkadang belum meliputi biaya pembuatan protesa (gigi tiruan yang akan dipasang di atas implant).

Sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi yang berdomisili di tempat tinggal Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung, dan dapat dibuat suatu alternatif perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar