Sukses

Nyeri perut = hamil?

18 Oct 2014, 16:04 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dear Dr, Saya merasakan sakit di bagian perut yang sangat beberapa hari yang lalu, bahkan hampir tidak bisa berdiri, awalnya saya kira saya masuk angin karena setelah saya muntah dan oleskan balsam perut terasa lebih baik.........tetapi setelah itu terkadang saya merasakan sakit di perut bagian bawah sebelah kiri. Menurut Dokter apa yang menyebabkan itu semua...........apakah gejala kehamilan ada yang seperti itu...........? ( perempuan, 27 thn,163 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi kikdokter.

Sakit perut di sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya adalah peradangan lambung (gastritis), gangguan pada sistem pencernaan lainnya ataupun organ reproduksi wanita. Apabila pola makan Anda tidak sehat (banyak makan pedas, asam, berlemak), kurang serat pada makanan, kurang minum air putih, dan waktu makan tidak teratur,diare atau sebaliknya sulit buang air besar maka mungkin saja gangguan pencernaan menjadi penyebabnya. Namun bila, sakit perut yang Anda alami disertai dengan gangguan pada siklus menstruasi, maka penyebabnya lebih mengarah pada gangguan organ reproduksi Anda.

Untuk memastikan penyebab pasti sakit perut yang diderita, maka diperlukan data-data pendukung yang didapat dari wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan foto perut/abdomen.Sehingga akan lebih  tepat jika Anda memeriksakan langsung keluhan yang dialami pada dokter umum, dan apabila perlu Anda akan dirujuk ke dokter spesialis penyakit dalam.

Sedangkan mengenai gejala kehamilan, yang harus dinilai adalah terlambat menstruasi. Selain itu, umumnya disertai dengan mual, sering buang air kecil, serta payudara bengkak dan sakit.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (PI)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar