Sukses

Abortus spontan

13 Oct 2009, 00:40 WIB
Wanita, 31 tahun.
dokter yang baik hati, saya kemarin sempat telat haid 2 bulan, dan dinyatakan positif hamil, tapi tiap kali di USG tidak ada kantung dan janinnya. dirahim hanya penebalan saja kata dokter yang memeriksa. kemudian saya sempat flek, dan di USG kembali tetap tidak ada. dokter bilang bln depan saya harus keluar haid. dan keluarlah haid saya dari hari pertama mulas, dan hari ketiga mulas hebat hingga mengeluarkan segumpal darah yang lapisi serat2 putih sebanyak 2kali. apakah itu jaringan yang akan membentuk bayi dan tdk jadi? jika jaringan tersebut akan membentuk janin mengapa tidak terlihat saat di USG? apakah itu tandanya hamil diluar kandungan? jika diluar kandungan apa tdk terdeteksi juga lewat USG biasa? terima kasih atas jawaban dokter yang baik hati.. ( perempuan, 31 thn,160 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Segumpal darah yang dilapisi serat-serat putih kemungkinan adalah 'calon' janin. Artinya Anda baru saja mengalami abortus/aborsi. Macam-macam jenis dari abortus. Salah satunya abortus spontan, dimana terjadi pengeluaran sisa hasil konsepsi (pertemuan antara sel sperma dengan sel telur) secara sendirinya. Beberapa penyebab abortus spontan adalah infeksi, faktor hormonal, kelainan bentuk rahim, faktor imunilogi (kekebalan tubuh), dan penyakit dan penyakit dari ibu. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses situs kami di:

Aborsi

Mengapa tidak terlihat saat USG?

Hal ini dapat terjadi jika jadwal USG dilakukan pada masa awal kehamilan. Sehingga yang hanya terlihat umumnya kantong kehamilan saja, atau bahkan kantong kehamilan belum terbentuk dan hanya penebalan rahim saja. A

pakah mungkin merupakan hamil di luar kandungan?

Hamil di luar kandungan atau ektopik adalah kehamilan yang terjadi tidak pada tempat yang semestinya. Kehamilan secara normal terjadi pada uterus/rahim. Sedangkan pada kehamilan ektopik, kehamilan terjadi di daerah tuba falopi (98%), ovarium (indung telur), rongga abdomen (perut), atau serviks (leher rahim).Kehamilan di luar kandungan baru dapat dipastikan bila sudah terlihat melalui hasil pemeriksaan USG, kantong kehamilan yang terdapat pada tempat yang tidak semestinya. Namun pada kasus Anda, belum ditemukan kantung kehamilan. Sehingga sangat mungkin bila kantung kehamilan itu sendiri pun belum terbentuk.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses situs kami pada:

Kehamilan Ektopik

Kehamilan di luar kandungan pun dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG.

Pemeriksaan USG baik yang ukuran 2 dimensi juga dapat membantu dalam mendeteksi terjadinya kehamilan di luar kandungan. Dengan bantuan USG, diketahui lokasi kehamilan, baik di rahim, saluran tuba, indung telur maupun di tempat lain. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan sebelum merencanakan untuk memiliki anak kembali. Pastikan terlebih dahulu penyebab abortus dengan bantuan USG ataupun pemeriksaan bHCG , dan kemudian dianjurkan agar Anda menunda kehamilan selama 3 bulan ( jika perlu gunakan kontrasepsi).

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar