Sukses

Komplikasi Diabetes pada Mata

18 Oct 2014, 00:29 WIB
Pria, 62 tahun.
Dear KlikDokter, Orang tua saya berusia 62 tahun, dan sudah 2 tahun ini mederita diabetes, dikarenakan penglihatannya semakin menurun, kami membawa ke dokter spesialis mata setempat (di Kab. Bangkalan) dan hasilnya adalah beliau harus operasi lensa mata, namun dokter tsb tidak bisa menjamin hasilnya karena bila yang rusak adalah syaraf matanya maka tidak bisa disembuhkan. pertanyaan saya : 1. Apakah ada tes sebelum operasi lensa, yang bisa mengetahui kerusakan terjadi di lensa atau di syaraf mata? 2. Bila kerusakan di syaraf mata, pengobatan apa yang bisa dilakukan? 3. Boleh minta rekomendasi, RS mana di Surabaya yang bagus dan murah di untuk melakukan tindakan diatas? Terima kasih atas perhatiannya. Wassalam.( laki-laki, 62 thn,165 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter,

Diabetes adalah penyakit gula yang dapat memberikan komplikasi ke seluruh tubuh, termasuk mata. Pada mata, akan ditemukan kekeruhan lensa (katarak), dan kerusakan pada syaraf mata (retina). Katarak sendiri adalah suatu proses pengapuran yang menyebabkan kekeruhan pada lensa mata sehingga dapat mengganggu penglihatan.

Apakah ada tes yang dapat mengetahui letak kerusakan terjadi di lensa atau di syaraf mata? Kerusakan pada lensa dapat langsung dapat dilihat,, namun kerusakan pada syaraf mata sulit dilihat bila kekeruhan sudah menutupi hampir seluruh lensa mata.

Bila kerusakan di syaraf mata, pengobatan apa yang bisa dilakukan? Kerusakan syaraf mata yang sudah terjadi tidak dapat disembuhkan , akan tetapi kerusakan lebih lanjut dapat dicegah dengan cara pengobatan penyakit diabetes. Sedangkan pengobatan satu-satu nya untuk katarak adalah dengan operasi lensa mata. Karena jika dibiarkan lebih lanjut, akan berkomplikasi pada bagian mata yang lainnya. Untuk itu kami menyarankan Anda untuk segera berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis mata, dan juga sekaligus mengobati diabetes di bawah pengawasan dokter spesialis penyakit dalam.

Mengenai referensi rumah sakit, kami mengharapkan pemakluman Anda, atas pertimbangan kebijakan etika profesi serta netralitas independen isi jawaban konsultasi seputar kesehatan, kami tidak dapat menginformasikan lembaga usaha ataupun pihak individu yang berkompetensi yang Anda butuhkan.

Namun Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari Rumah Sakit, Klinik, atau bahkan  Dokter Spesialis pada website Klikdokter.com berkaitan dengan persoalan. Dimana data seluruh dokter yang kami miliki sudah terintegerasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Untuk menggunakan fitur pencarian tersebut, akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar  website Klikdokter.com, kemudian pilih 'Cari Dokter'. Anda akan diminta memilih Spesialisasi dari dokter yang Anda cari, kemudian masukan domisili dari dokter yang bersangkutan, kemudian yang terakhir memasukkan nama dari dokter yang Anda cari. Lalu tekan tombol 'Cari'. Pun serupa dengan tahap aplikasi pencarian Rumah Sakit maupun Klinik. Selamat mencoba.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar