Sukses

Nyeri Haid pada Kista Endometriosis

02 Oct 2009, 18:10 WIB
Wanita, 30 tahun.
Pasca Laparoscopy Endometriosis Ovary Ass. ini pertama kali saya bertanya,senang dapat brgabung.. Saya memiliki riwayat endometriosis dan nyeri haid tiap period, menikah hampir 4 tahun blm memiliki keturunan, selama ini memang blm pernah secara rutin melakukan pemeriksaan k SPOG Skitar 3 bulan lalu sakit perut yg saya rasakan semakin hebat kadang usaya harus ke ugd untuk d suntik agar nyeri hilang..nyeri yang biasanya hanya beberapa hari pertama menjadi nyeri spanjang masa haid. Saya cek ke SPOG, stelah hasil pmeriksaan USG 3D, Arus darah dan CA-125 beliau mnyarankan untk laparoscopy, hasil pemeriksaan terdapat kista endometriosis di ovary kiri (6x3.6cm) dan kista endometriosis disertai korpus luteum hematoma di ovary kanan..hal ini yang diduga sbagai pnyebab nyeri hebat dan blm hamilnya saya hingga kini Laparoscopy dilakukan 13 september 2009, sblumnya saya diberikan Lutenyl 1x1 sbnyak 20 butir yang masih saya minum hingga kini...saya juga sdh diberikan 1x Tapros (dari rencana 3x) pada tgl 14 September 1 hari stelah operasi...Dari informasi yg saya dapat dari berbagai sumber di internet..pemberian tapros akan menyebabkan saya tidak haid selama beberapa bulan. Pertanyaan saya : 1. hingga kini msh sering terdapat flex dan rasa tidak nyaman pada perut bawah kanan kiri rasa sperti akan haid, apakah itu normal untk pasca laparoscopy? 2.Jika pada masa pemberian Tapros saya nantinya haid apa itu juga normal, akankah mengganggu proses penyembuhan? 3.Sebenarnya apa fungsi Lutenyl? jika Lutenyl telah habis akankah saya haid? 4.Sudah 2 hari sejak kemarin BAB saya (maaf) mnjadi agak cair dan bergas, apa ada hubungannya dgn pasca laparoscopy atau Tapros? hasil laparoscopy menunjukan bahwa trjadi perlengketan antara ovary kiri dan usus yg tdk spenuhnya di pisahkan krn kwatir akan merusak usus 5.Makanan apa yg hrs saya hindari sejak kini untk menunjang pasca LO? saya amat sulit untk mningkatkan berat badan Terima kasih atas bantuannya, web ini semoga dapat membantu memberikan informasi dan sdikit menghilangkan rasa kwatir saya. Wass( perempuan, 30 thn,160 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Anda sudah menikah selama 4 tahun dan hingga kini belum hamil. Kemudian pada operasi ditemukan kista endometriosis yang cukup besar dan perlengketan. Kemungkinan besar derajat endometriosisnya adalah derajat IV (yg ringan adalah derajat I-II, yang berat derajat III-IV).

Inilah faktor utama penyebab Anda belum hamil. Namun disamping itu tetap saja sperma suami juga harus diperiksa lebih lanjut.

Sebelum operasi diberikan LUTENYL (golongan progesteron) yang dimaksudkan mungkin untuk mengatur haid dan memudahkan operasi. Pasca operasi ditambahkan TAPROS selama 3 bulan sebagai pengobatan tambahan, tujuannya untuk mengurangi angka kekambuhan endometriosis.

Biasanya setelah suntikan pertama Anda masih akan haid sekali, seterusnya Anda tidak akan haid lagi selama masa penyuntikan. Setelah mendapat suntikan Tapros, sebaiknya pemakaian Lutenyl dihentikan saja.

Setelah terapi Tapros selesai sebaiknya Anda segera mengikuti program kehamilan. Tindakan yang paling baik adalah langsung mengikuti program bayi tabung karena kemungkinan hamil sangat kecil dengan cara lain.

Tidak ada makanan yang secara spesifik menyebkan atau merangsang pertumbuhan Endometriosis. Kembung, nyeri-nyeri perut sedikit, serta flek-flek, biasa terjadi pasca LO. Haid normal biasanya terjadi 6-8 minggu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar