Sukses

Susu formula vs ASI

18 Oct 2014, 19:11 WIB
Wanita, 28 tahun.
saat bayi baru lahir dan asi ibu blm kluar lancar,apakah kalau bayi smntra dberi susu formula atau air gula maka asi ekslusif yg akan diberikan akan gugur fungsinya?( perempuan, 28 thn,153 cm,61 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Ketika bayi baru lahir dan ASI belum keluar secara lancar, jangan langsung terburu-buru memberikan susu formula atau air gula. Secara teori, ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, ingat untuk selalu sodorkan payudara setiap kali bayi menangis.Hal ini perlu dilakukan demi terlaksananya ASI eksklusif.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi.

Atas dasar itu, pemberian susu formula atau air gula secara berkelanjutan tentunya dapat mengganggu atau bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu.

Untuk mendapatkan informasi tentang manfaat ASI baik bagi ibu dan bayi, Anda dapat mengakses situs kami :

Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

anak.klikdokter.com/subpage.php

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)

 

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar