Sukses

USG dalam kehamilan

19 Oct 2014, 16:49 WIB
Wanita, 27 tahun.
Sore Dok, usia kandungan saya saat ini telah memasuki usia kehamilan 29 minggu. Yang saya ingin tanyakan, pada usia kandungan berapakah sebaiknya dilakukan USG 3D / 4D dan seberapa pentingnya kah USG tersebut ?. Terima kasih banyak atas jawaban Dokter.( perempuan, 27 thn,170 cm,66 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/ Saudari Yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Jadwal pemeriksaan USG selama kehamilan

Tidak ada aturan tertentu yang mengatakan jumlah pemeriksaan USG yang harus dilakukan selama kehamilan. Pemeriksaan dilakukan apabila dicurigai terdapat kelainan atas dasar klinis. Jikalau tidak, umumnya dilakukan saat minggu ke-7 untuk konfirmasi kehamilan, mengeksklusi kehamilan di luar kandungan (ektopik) atau hamil anggur (mola), konfirmasi pusasi jantung dan pengukuran panjang ubun-ubun hingga bokong/crown-rump length(CRL) untuk penentuan usia.

Pemeriksaan kedua dilakukan saat usia kehamilan 18-20 minggu. Umumnya untuk mencari adanya kelainan kongenital, kehamilan multipel/kembar, serta usia dan pertumbuhan. Pemeriksaan selanjutnya dapat dilakukan jika dicurigai adanya kelainan. 

Banyak pusat-pusat yang saat ini melakukan pemeriksaan skrining pada usia lebih awal, yaitu sekitar minggu ke-11 hingga 14 untuk membantu menegakkan diagnosis sindrom Down.

Pemeriksaan lebih lanjut seringkali dilakukan sekitar minggu ke-32 atau lebih untuk menilai ukuran janin (memperkirakan berat janin) dan menilai pertumbuhan janin, atau untuk mengikuti kelainan yang mungkin ditemukan sebelumnya, mengetahui posisi plasenta, dan adanya pertumbuhan janin terhambat.

Total banyaknya pemeriksaan sangat bervariasi tergantung apakah pada pemeriksaan awal apakah terdeteksi kelainan tertentu yang membutuhkan tindak lanjut.


Perbedaan USG 3-D dengan 4D

USG 3 D dapat menyajikan gambaran 3 dimensi. Dengan bantuan komputer, operator dapat melihat gambaran yang tidak dapat dilihat dengan USG 2 D. Pengukuran lebih akurat dan dokter serta orang tua dapat melihat ada atau tidaknya kelainan pada 3D dibandingkan dengan 2D, dan terdapat kemungkinan peningkatan keterikatan psikologis antara orang tua dan bayi. USG 3-D terbukti dapat memperlihatkan kelainan kongenital dengan lebih baik dan baik untuk penelitian serta pembelajaran embriologi janin. Akan tetapi kemampuan untuk menghasilkan gambaran 3 dimensi yang baik sangat tergantung kemampuan operator,jumlah cairan ketuban sekitar janin, posisinya dan derajat obesitas ibu, sehingga gambar yang baik tidak selalu dapat didapat. 

Sedangkan USG 4-D atau disebut dengan USG 3-D dinamik, sedang marak di kalangan masyarakat dan dapat melihat wajah serta pergerakan bayi sebelum kelahiran.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (PI).

 

Salam,

 

Redaksi klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar