Sukses

Janin tidak berkembang?

30 Sep 2009, 12:54 WIB
Wanita, 27 tahun.
assalamu alaikum pak/bu dokter.. usia kehamilan sy sudah jalan 6 minggu, tp sy pernah bahwa ada janin yg mungkin saja tidak bisa berkembang dalam rahim si ibu sehingga hrs dikuret. mhn info lebih lanjut mengenai penyebab janin tidak bs berkembang dan cara mencegah hal tsb gimana yah dok?? terima kasih atas infonya. walaikum salam( perempuan, 27 thn,152 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kuretase umumnya dilakukan apabila terdapat sisa jaringan di dalam rahim akibat dari proses abortus. Abortus spontan merupakan kematian janin pada triwulan pertama kehamilan dan dipengaruhi oleh faktor janin dan/atau faktor ibu.

Penyebab paling serig abortus pada triwulan pertama ini adalah abnormalitas kromosom (30-60%). Kelainan kromosom yang paling sering ditemukan adalah trisomi autosom. Kelainan kromosom tidak hanya dapat mengenai janin, tapi juga plasentanya. Kelainan kromosom ini tidak dapat dicegah.

Kematian janin pada triwulan pertama juga dipengaruhi oleh faktor ibu. Beberapa hal yang berkaitan dengan faktor ibu yang dapat menyebabkan abortus spontan adalah faktor genetik orangtua yang berperan sebagai carrier (pembawa) di dalam kelainan genetik; kelainan jantung; kelainan bawaan dari rahim, seperti  rahim bikornu (rahim yang bertanduk), rahim yang bersepta (memiliki selaput pembatas di dalamnya)  maupun parut rahim akibat riwayat kuret atau operasi rahim sebelumnya.

Faktor ibu yang dapat dicegah adalah infeksi pada kehamilan seperti herpes simpleks virus, cytomegalovirus, sifilis, gonorrhea; kelainan hormonal seperti hipertiroid, kencing manis yang tidak terkontrol. Penanganan infeksi atau keadaan ini, dapat mengurangi kemungkinan terjadinya abortus spontan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar