Sukses

Pembesaran Kelenjar Getah Bening pada Leher

19 Oct 2014, 13:19 WIB
Wanita, 27 tahun.
ass, didaerah sekitar leher saya muncul benjolan dan saya sudah melakukan pemeriksaan kelaboratorium mulai darah sampai dengan daerah bejolan saya disekitar leher di biopsi hasil terakhir biopsi oleh dokter bedah di rscm. diagnosa laboratorium saya LIMFADENOPATY , MIKROSKOPIK mengatakan: . kelenjar getah bening sub madibula terdiri atas keping kelenjar getah bening yang strukturnya telah dipenuhi oleh kalsifikasi masif, sel-sel epiteloid dan sel datia benda asing . tidak dijumpai sel datia langhans yang khas serta tidak dijumpai nekrosis perkijauan dan menurut kesimpulan klafikasi masif kelenjar getah bening yang dapat dijumpai pada keadaan pasca terapi oat . ( dan sekarang saya dianjurkan untuk pindah kedokter paru-paru) maaf karena saya sangat awam dari hasil pemeriksaan itu . baik nya bagai mana ini ya dok? sepertinya di dokter paru saya di anjurkan sepertinya dibiopsi lagi untuk dibawa hasilnya kelaboratorium. pertanyaan saya : 1.baiknya kebagian mana saya harus melakukanpemerikaan kembali 2. apakah sangat diperlukan sekali biopsi tsb untuk k-2 kalinya kanapa tidak biopsi pertama dilakukan pemeriksaan sekalian secara lengkap , sedangkan saya masih teroma dengan biopsi yang -1 . apa lagi saya oleh dokter diminta nanti hasil biopsi ke-2 oleh dokter paru dibawa ke laboratorium swasta diluar, bukan di rscm dikatakan di rscm tidak lengkap di rscm. bagai mana itu ya dok? mohon konfirmasinya . boleh dari dokter bedah atau dokter paru-paru. terimakasih sekali lagi.( perempuan, 27 thn,154 cm,40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kebingungan Anda akan permasalahan yang dihadapi. Limfadenopati adalah istilah medis yang menjelaskan adanya suatu pembesaran kelenjar getah bening (KGB) di tubuh. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar.

Pada kasus Anda, pembesaran kelenjar getah bening terjadi pada daerah leher dan pada daerah leher terdapat beberapa lokasi dari KGB. Sedangkan pada kasus Anda, yang terlibat adalah KGB sub mandibula, yang letaknya di sepanjang sisi rahang bawah. Penyebab tersering dari pembesaran KGB submandibula adalah infeksi pada daerah kepala, leher, dan tenggorokan.

Hasil kesimpulan mikroskopik mengatakan bahwa terdapat kalsifikasi masif kelenjar getah bening yang dapat dijumpai pada keadaan pasca terapi OAT (Obat Anti Tuberkulosis /TBC).  Apakah anda pernah menderita sakit paru atau mengkonsumsi obat paru sebelumnya dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih?

Untuk itu, kami menyarankan untuk menanyakan kembali kepada dokter paru yang bersangkutan maksud dan tujuan biopsi ulang, serta kelenjar bagian mana yang akan dilakukan biopsi?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (PI)

 

 

Salam,

 

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar