Sukses

Turun berat badan tanpa diet?

20 Oct 2014, 11:05 WIB
Wanita, 19 tahun.
Dokter Yth., saya ingin bertanya dan sedikit curhat colongan soal menurunkan berat badan, Dok. kalau cek di IMT site ini, saya tergolong ideal, padahal saya ini gemuk lho Dok, apalgi setelah lebaran ini, saya makan melulu, perut jadi tambah gendut, jelek sekali.. Saya sudah gendut sejak kecil, kemudian saat SMA saya minum obat2an pelangsing. banyak sekali yang sudah saya coba, kalau yg biasa2 saja tidak mempan, paling cuma bikin buang2 air saja (memang tidak dibantu diet karena saya selalu tdk mampu). saya akhirnya turun sampai kira2 5kg (dari 62 ke 57) setelah minum 2 botol lebih kapsul jamu yang kemudian ditarik dari peredaran karena mengandung zat berbahaya (merknya Arma). selang beberapa lama, karena berat bertambah lagi, saya minum Fat Loss, lalu bisa turun walaupun saat masa minum obat itu penuh derita dok. pusing, ga nafsu makan,, terutama pusing sekali lho DOk, itu kenapa ya? tapi bisa turun.. sekarang saya ingin minum obat itu lagi -fat loss- tapi saya agak takut dok. Fat Loss itu berbahaya tidak, dok? karena sepertinya obat itu tidak dijual bebas. saya ingin menurunkan berat tanpa diet ketat, bisa tidak ya DOk? terakhir mencoba diet mayo tapi selalu gagal.. saya minum obat2an pelangsing biasa sampai thermolyte gak ngaruh, cocoknya di fat loss atau arma yg keamanannya saya sendiri masih ragukan.. oh ya, saya makan normal saja, cuma sering sekali ngemil, ga bisa kalo ga ngemil.. terima kasih dok :)( perempuan, 19 thn,159 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Proses menurunkan berat badan paling baik akan melibatkan diet rendah kalori dan olahraga. Beberapa jenis obat atau suplemen memang dapat membakar karbohidrat sehingga menurunkan berat badan namun tetap saja diet rendah kalori harus dilakukan. Apabila diet dan olahraga tidak dilakukan maka ketika Anda tidak meminum obat tersebut maka berat badan Anda akan naik kembali.

Seplemen fat loss tersebut termasuk ke dalam alternatif karena belum didapatkan bukti empirik mengenai efektivitasnya, efek samping, dan keamanannya. Yang perlu dibentuk memang adalah pola makan dan olahraga. Dua hal tersebut merupakan dasar dari diet apapun yang Anda lakukan. Apabila pola makan tidak dibentuk maka meskipun ketika Anda lepas obat, berat badan Anda perlahan akan naik kembali, terutama bila Anda tidak mengendalikan makan dan ngemil yang Anda lakukan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar