Sukses

Pembengkakan di kaki

20 Oct 2014, 02:42 WIB
Wanita, 50 tahun.
dokter yang baik, saya ingin mempertanyakan tentang penyakit yang diderita oleh ibu saya (usia 50 thn, berat badan 55 dan tinggi badan 145cm). Sudah lama ini ibu saya mengeluh kakinya sering sakit dan kadang-kadang bengkak sampai susah untuk berjalan dan dikaki yang bengkak tersebut kulitnya panas terasa terbakar. Sekitar 2 tahun yang lalu ibu saya pernah dirawat dirumah sakit, dikarenakan kakinya luka dan infeksi. Selain bengkak, jika ibu saya terluka tubuhnya pasti akan sangat sulit untuk sembuh dan mudah memar. Ibu saya sudah mengalami pembengkakan ini hampir 7 tahun. Yang ingin saya tanyakan adalah: Apakah penyakit ini disebut asam urat? Sedangkan pada saat dirawat dirumah sakit kami pun sudah melakukan medical check up dan hasilnya negatif dan juga tidak ada diabetes. Penyakit apakah yang diderita oleh ibu saya? Karena setiap berobat ke dokter mana pun hasilnya selalu sama dan tidak ada jawaban yang pasti. Apakah penyakit ini berbahaya ? Adakah obat dan perawatan apa lagi yang harus kami lakukan agar ibu saya tidak menderita seperti ini lagi dan bahkan pembengkakan nya bisa sampai ke tubuh bagian atas juga? Apakah ibu saya menderita penyakit kelebihan protein? karena ada dokter yang mengatakan seperti itu? Adakah penyakit seperti itu dan apakah berbahaya? Sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terimakasih. Semoga dokter bisa memberikan jawaban yang pasti untuk saya dan mohon maaf jika banyak pertanyaan. salam, Franky( perempuan, 50 thn,145 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan.

Apakah penyakit ini disebut asam urat? Sedangkan pada saat dirawat dirumah sakit kami pun sudah melakukan medical check up dan hasilnya negatif dan juga tidak ada diabetes. Penyakit apakah yang diderita oleh ibu saya?

Diagnosis banding dari keluhan yang dialami oleh ibu Anda dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pada kulit atau disebut selulitis, penyumbatan pembuluh darah vena (Deep Vein Thrombosis-DVT), gangguan organ jantung atau ginjal, atau pengentalan darah yang berujung menjadi mudahnya terjadi sumbatan pembuluh darah.

Sayang sekali Anda tidak menyertakan hasil pemeriksaan laboratorium, USG, rontgen, atau pemeriksaan penunjang lain yang sudah pernah dilakukan ibu Anda. Kemudian Anda juga tidak melampirkan diagnosis yang sudah dikatakan oleh dokter yang merawat ibu Anda. Peningkatan kadar asam urat saja tidak khas menyebabkan keluhan seperti yang dialami oleh ibu Anda.

Apakah penyakit ini berbahaya ? Adakah obat dan perawatan apa lagi yang harus kami lakukan agar ibu saya tidak menderita seperti ini lagi dan bahkan pembengkakan nya bisa sampai ke tubuh bagian atas juga?

Untuk memastikan apakah penyakit ini berbahaya atau terapi apa yang harus dilakukan maka sebelumnya haruslah dicari terlebih dahulu penyebab pasti dari keluhan yang dialami.

Apakah ibu saya menderita penyakit kelebihan protein? karena ada dokter yang mengatakan seperti itu? Adakah penyakit seperti itu dan apakah berbahaya?

Gangguan penyerapan protein mungkin saja dialami namun hal ini tidak bida dipandang dari satu sisi, haruslah diperiksa terlebih dahulu fungsi organ lainnya karena gangguan penyerapan protein dapat melibatkan kerusakan beberapa organ sekaligus.

Kami menyarankan agar ibu Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut mengingat keluhan ini sudah berlangsung kronik (7 tahun) dan tanpa adanya perbaikan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar