Sukses

NSAIDs untuk peradangan tenggorokan

18 Oct 2014, 23:44 WIB
Wanita, 25 tahun.
Yth Klikdokter...2 minggu yang lalu saya mengalami sakit di daerah tenggorokan yang menyebabkan sakit saat menelan, bahkan sangat parah di malam hari sakitnya hingga ke telinga saya. selain itu sakitnya terasa saat saya menguap. Setelah ke dokter ternyata tidak ditemui radang pada tenggorokan saya, kemungkinan besar karena alergi. Saya diresepkan Uplores,sanexon dan mefinal. Setelah minum obat, sakit tenggorokannya reda.Sekarang sakitnya kambuh lagi, tetapi lebih terasa sakitnya di rahang bagian atas, sulit menelan,sakit saat menguap hingga ke telinga.akhirnya karena tidak tahan saya mengkonsumsi mefinal sisa kemarin berobat, dan sakitnya reda. 1. Sakit apakah saya dok, apa benar karena alergi? 2. Jika saya kambuh, bolehkan saya mengkonsumsi obat "mefinal" itu sewaktu2? apa ada efek samping seperti ketergantungan, mengingat sakitnya reda setelah meminum obat itu? Terima kasih dokter sebelumnya....( perempuan, 25 thn,165 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan gejala Anda, kemungkinan Anda dapat mengalami  peradangan pada daerah tenggorokan. Peradangan di daerah tersebut dapat disebabkan karena iritasi,  infeksi bakteri, virus, atau mungkin saja disebabkan karena alergi atau trauma. Untuk memastikannya, harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan mungkin dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang.

Mefinal mengandung bahan aktif asam mefenamat yang merupakan bagian dari NSAIDs dan berfungsi sebagai antiinflamasi (anti peradangan) dan analgetik (antinyeri). Apabila hanya dikonsumsi sewaktu-waktu, asam mefenamat tidak akan menyebabkan ketergantungan. Namun perlu diperhatikan bahwa asam mefenamat dapat menimbulkan efek samping iritasi lambung. Bagi mereka dengan gastritis atau peradangan pada lambung tidak disarankan untuk mengonsumsi NSAIDs.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar