Sukses

Mengatasi anak hiperaktif

28 Sep 2009, 12:25 WIB
Pria, 33 tahun.
Bagaimana mengatasi anak usia 2 th hiperaktif? Apa ada obatnya? (laki-laki, 33 thn,160 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini, namun ada baiknya apabila kita mencermati kembali definisi gangguan hiperaktivitas pada anak, atau yang lebih dikenal dengan istilah ADHD (Attention Deficit Hyperactivitiy Disorder).

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak hingga menyebabkan aktifitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan, ditandai dengan berbagai keluhan seperti perasaan gelisah, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang, dan selalu meninggalkan keadaan yang tetap seperti sedang duduk, atau sedang berdiri. Beberapa kriteria yang lain sering digunakan adalah suka meletup-letup, aktifitas berlebihan, dan suka membuat keributan.

Tiga gejala utama yang nampak pada perilaku seorang anak ADHD adalah :

  • Inatensi atau kurangnya kemampuan untuk memusatkan perhatian
  • Hiperaktif  yaitu perilaku yang tidak bisa diam
  • Impulsif yaitu kesulitan untuk menunda respon (dorongan untuk mengatakan/melakukan sesuatu yang tidak sabar)

Jadi, tidak semua perilaku anak yang nakal dapat digolongkan sebagai ADHD sehingga orangtua harus lebih cermat dalam menilai perilaku anak, terlebih mengingat anak umumnya memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar di usia anak Anda saat ini. Namun apabila Anda merasa bahwa anak Anda telah memenuhi kriteria di atas, maka sebaiknya Anda segera mengonsultasikannya ke dokter spesialis kesehatan jiwa untuk memastikannya, agar terapi dapat segera dilakukan secara optimal. Hal ini penting karena gangguan hiperaktivitas dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik anak, serta kemampuannya dalam menyerap pelajaran dan bersosialisasi.

Berikut adalah beberapa artikel kami yang dapat Anda baca terkait ADHD:

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Penanganan Anak Hiperaktif

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar