Sukses

HSG dan sumbatan tuba

23 Sep 2009, 11:21 WIB
Wanita, 31 tahun.
slamat malam dok, apakah yang hrs saya lakukan untuk mengetahui dimana letak sumbatan dipangkal atau diujung tuba falopi saya.. saya telah melakukan HSG dan berdasarkan foto tsb berada dipangkal... apakah yang sebaiknya dilakukan untuk memperbaikinya.. trimakasih banyak dokter atas jawabannya( perempuan, 31 thn,160 cm,74 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) merupakan salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat struktur rahim dan saluran telur. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina, kemudian dilakukan foto roentgen untuk melihat apakah zat tersebut masuk hingga saluran telur atau tidak (ada sumbatan/tidak dan letaknya). HSG, seperti yang sudah Anda lakukan sudah dapat mengetahui letak sumbatan Anda.

Saluran telur non paten artinya tersumbat, biasanya karena infeksi. Kalau diagnosanya dengan HSG maka dapat diketahui lokasi sumbatan. Jika sumbatan terdapat pada pangkal tuba maka biasanya sulit dikoreksi, lebih baik ikut program bayi tabung. Tapi kalau sumbatannya pada ujung tuba maka masih mungkin dikoreksi melalui operasi laparoskopi (teropong).

HSG dan hidrotubasi metode dan prinsip kerjanya sama, yaitu untuk membuka saluran tuba tersebut dengan mengeluarkan cairan melalui rongga rahim. Namun, menurut kami tidak terbukti ada manfaatnya dilakukan tindakan hidrotubasi pada kasus tuba yang non paten. Konsultasikanlah hal ini kembali kepada dokter kebidanan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar